ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V-B SD NEGERI 107399 BANDAR KHALIPAH T. A 2023/2024

JABAT, MIRANDA AGITA (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V-B SD NEGERI 107399 BANDAR KHALIPAH T. A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111027_Cover.pdf] Text
1203111027_Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 1203111027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 1203111027_Abstrak.pdf] Text
1203111027_Abstrak.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 1203111027_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111027_Kata_Pengantar.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1203111027_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111027_Daftar_Isi.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1203111027_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111027_Daftar_Gambar.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 1203111027_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111027_Daftar_Tabel.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 1203111027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 1203111027_BAB_I.pdf] Text
1203111027_BAB_I.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1203111027_BAB_V.pdf] Text
1203111027_BAB_V.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 1203111027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (253kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kreativitas siswa, (2) peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa, dan (3) kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V-B SD Negeri 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 23 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). kreativitas pada siswa kelas V-B pada aspek kognitif dan afektif masih kurang. Pada aspek kogntif siswa belum mampu membuat hasil karya yang berbeda dari guru maupun temannya, siswa belum mampu menilai hasil karya dan memberikan pujian terhadap karyanya sendiri atau milik temannya. Begitu juga pada aspek afektif siswa belum merasa tertantang oleh kemajuan dan belum memiliki kepercayaan diri yang baik. 2). peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa adalah guru sebagai pengajar, pembimbing, konselor, evaluator, model dan teladan, dan pendorong kreativitas; 3). kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa adalah kurangnya sarana yang disediakan oleh sekolah dalam mendukung proses pembelajaran, kurangnya perhatian siswa dalam mengerjakan tugas, dan ekonomi orang tua siswa yang berbeda-beda dalam melengkapi kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kreativitas, Peran Guru, Seni
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:52
Last Modified: 01 Jul 2025 06:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61032

Actions (login required)

View Item
View Item