JABAT, MIRANDA AGITA (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V-B SD NEGERI 107399 BANDAR KHALIPAH T. A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111027_Cover.pdf
Download (58kB)
1203111027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (551kB)
1203111027_Abstrak.pdf
Download (144kB)
1203111027_Kata_Pengantar.pdf
Download (207kB)
1203111027_Daftar_Isi.pdf
Download (95kB)
1203111027_Daftar_Tabel.pdf
Download (52kB)
1203111027_Daftar_Gambar.pdf
Download (52kB)
1203111027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (53kB)
1203111027_BAB_I.pdf
Download (300kB)
1203111027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (929kB)
1203111027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (491kB)
1203111027_BAB_IV.pdf
Download (1MB)
1203111027_BAB_V.pdf
Download (134kB)
1203111027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (253kB)
1203111027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kreativitas siswa, (2) peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa, dan (3) kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V-B SD Negeri 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 23 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). kreativitas pada siswa kelas V-B pada aspek kognitif dan afektif masih kurang. Pada aspek kogntif siswa belum mampu membuat hasil karya yang berbeda dari guru maupun temannya, siswa belum mampu menilai hasil karya dan memberikan pujian terhadap karyanya sendiri atau milik temannya. Begitu juga pada aspek afektif siswa belum merasa tertantang oleh kemajuan dan belum memiliki kepercayaan diri yang baik. 2). peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa adalah guru sebagai pengajar, pembimbing, konselor, evaluator, model dan teladan, dan pendorong kreativitas; 3). kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa adalah kurangnya sarana yang disediakan oleh sekolah dalam mendukung proses pembelajaran, kurangnya perhatian siswa dalam mengerjakan tugas, dan ekonomi orang tua siswa yang berbeda-beda dalam melengkapi kebutuhan siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kreativitas, Peran Guru, Seni |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:52 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 05:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61032 |
