PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VOCABULARY CARD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SDN 106812 BANDAR KLIPPA

SIAHAAN, MINARTI NOVELISA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VOCABULARY CARD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SDN 106812 BANDAR KLIPPA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111017_Cover.pdf] Text
1202111017_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 1202111017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of 1202111017_Abstrak.pdf] Text
1202111017_Abstrak.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 1202111017_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111017_Kata_Pengantar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1202111017_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111017_Daftar_Isi.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1202111017_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111017_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1202111017_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111017_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1202111017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1202111017_BAB_I.pdf] Text
1202111017_BAB_I.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 1202111017_BAB_V.pdf] Text
1202111017_BAB_V.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1202111017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa Media kartu kosa kata yang disebut Vocabulary Card untuk siswa kelas V SDN 106812 Bandar Klippa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V-A SDN 106812 Bandar Klippa yang berjumlah 19 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang di peroleh dari penilaian validator ahli media dan ahli materi untuk kelayakan media memperoleh persentase nilai sebesar 90% dan 93% dengan kualifiikasi “Sangat layak”. Data yang diperoleh dari Praktisi pendidikan untuk kepraktisan media memperoleh 93,84% dengan kualifikasi “Sangat praktis”. Data yang diperoleh dari hasil perbandingan nilai pre-test dan juga post-test peserta didik untuk keefetifan media telah terjadi peningkatan dari 36 meningkat menjadi 80. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini berdasarkan data yang telah dikumpulkan bahwa media pembelajaran Vocabulary Card menggunakan model pembelajaran Make a match di kelas V SDN 106812 Bandar Klippa layak, praktis, dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Vocabulary, Card, Make a match.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:52
Last Modified: 01 Jul 2025 06:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61029

Actions (login required)

View Item
View Item