PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN 101765 BANDAR SETIA

Sagala, Melita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN 101765 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411001_Cover.pdf] Text
1202411001_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 1202411001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of 1202411001_Abstrak.pdf] Text
1202411001_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1202411001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411001_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1202411001_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411001_Daftar_Isi.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 1202411001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411001_Daftar_Gambar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1202411001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411001_Daftar_Tabel.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1202411001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 1202411001_BAB_I.pdf] Text
1202411001_BAB_I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 1202411001_BAB_V.pdf] Text
1202411001_BAB_V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1202411001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang melibatkan peserta didik dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih kurang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata Pelajaran IPAS materi ekosistem kelas V SDN 101765 Bandar Setia. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian pre eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas V-A dengan sampel seluruh siswa kelas V-A dengen jumlah peserta didik 28 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes hasil belajar berupa tes pretest-posttest sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji paired sample t- test). Berdasarkan data hasil perhitungan untuk nilai pretest siswa diperoleh rata-rata sebesar 39,46 dan untuk nilai posttest siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80,71. Hasil perhitungan uji-t dengan syarat taraf signifikan 5% diperoleh Ttabel sebesar 2,051 dan Thitung sebesar 8,971. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 8,971 > 2,051. Oleh karena itu, dapat dambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi eksosistem di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:55
Last Modified: 01 Jul 2025 06:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60990

Actions (login required)

View Item
View Item