Nurhayani (2016) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI RA NURUL HADINA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (886kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah:rendahnya kecerdasan emosional anak, anak kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, metode untuk mengembangkan kecerdasan emosional yang digunakan guru kurang bervariasi, kegiatan yang dilakukan guru dalam pembelajaran lebih memfokuskan pada kemampuan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung (calistung), guru belum memperhatikan secara khusus tentang peningkatan kecerdasan emosional anak dalam proses belajar mengajar, guru jarang menerapkan metode proyek dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek di RA Nurul Hadina Kec. Patumbak T.A 2015/2016.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 22 orang. Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Pada Siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak 43,15 %, anak yang tergolong sangat baik 0 orang anak, tergolong baik 0 orang anak, 21 orang anak yang kecerdasan emosionalnya cukup, dan 1 orang anak kecerdasan emosionalnya kurang. Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 49,59 %, anak yang tergolong sangat baik 0 orang anak, tergolong baik 0 orang anak, 22 orang anak yang kecerdasan emosionalnyacukup, dan 0 orang anak kecerdasan emosionalnya kurang.Pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak 68,55 %, anak yang tergolong sangat baik 5 orang anak, tergolong baik 10 orang anak, 7 orang anak yang kecerdasan emosional cukup, dan 0 orang anak kecerdasan emosionalnya kurang. Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 75,74 %, anak yang tergolong sangat baik 8 orang anak, tergolong baik 10 orang anak, 4 orang anak yang kecerdasan emosionalnyacukup, dan 0 orang anak kecerdasan emosionalnyakurang.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hadina Kec. Patumbak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 017 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional;Metode Proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 02:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6099 |