Pengaruh Penggunaan Modul Fisika Berbasis Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Terbarukan di Kelas X SMA Negeri 1 Pancur Batu

Karo Karo, Judha Stepanus (2024) Pengaruh Penggunaan Modul Fisika Berbasis Inquiry Training terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Terbarukan di Kelas X SMA Negeri 1 Pancur Batu. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201121027_Cover.pdf] Text
4201121027_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4201121027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201121027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4201121027_Abstrak.pdf] Text
4201121027_Abstrak.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4201121027_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201121027_Kata_Pengantar.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4201121027_Daftar_Isi.pdf] Text
4201121027_Daftar_Isi.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4201121027_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201121027_Daftar_Gambar.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4201121027_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201121027_Daftar_Tabel.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 4201121027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201121027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4201121027_BAB_I.pdf] Text
4201121027_BAB_I.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4201121027_BAB_V.pdf] Text
4201121027_BAB_V.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4201121027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201121027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Hasil Belajar Menggunakan Modul Berbasis Inquiry Training Dan Tidak Menggunakan Modul Pada Pembelajaran Fisika Materi Energi Terbarukan Di Kelas X SMA Negeri 1 Pancur Batu. Jenis Penelitian Yang Digunakan Yaitu Quasi Experiment Dengan Desain Penelitian Pretest Posttest Control Group. Pengambilan Sampel Dilakukan Dengan Teknik Cluster Random Sampling Dengan Mengambil Dua Kelas Dari Sepuluh Kelas Secara Acak Yaitu Kelas X-3 Sebagai Kelas Eksperimen Dan Kelas X-2 Sebagai Kelas Kontrol Yang Masing-Masing Berjumlah 35 Orang. Instrumen Soal Yang Digunakan Sebanyak 25 Soal Berbentuk Pilihan Berganda Yang Sudah Divalidasi Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa. Hasil Belajar Siswa Pada Kelas Eksperimen Adalah 83,31 Yaitu Sudah Mencapai Standar KKM Sedangkan Kelas Kontrol Adalah 75,89 Yaitu Belum Mencapai Standar KKM. Hasil Analisis Uji Independent Sample T-Test Menyatakan Dimana Terdapat Perbedaan Yang Signifikan Antara Hasil Belajar Siswa Pada Kelas Eksperimen Dengan Kelas Kontrol. Pengaruh Penggunaan Modul Disimpulkan Berdasarkan Hasil Analisis N-Gain Yaitu Kelas Eksperimen Dengan Skor 0,56 Dalam Kriteria Sedang Dan Kelas Kontrol Dengan Skor 0,46 Dalam Kriteria Sedang Dan Berdasarkan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Kelas Eksperimen Yang Lebih Tinggi Dibanding Kelas Kontrol Sehinggga Hasil Belajar Kelas Eksperimen Memiliki Pengaruh Yang Lebih Baik Daripada Kelas Kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modul; Inquiry Training; Energi Terbarukan; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 Mar 2025 02:04
Last Modified: 12 Mar 2025 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60951

Actions (login required)

View Item
View Item