PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060872 KEC. MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024

LAWOLO, MEILANI SARI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060872 KEC. MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111025_Cover.pdf] Text
1203111025_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1203111025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 1203111025_Abstrak.pdf] Text
1203111025_Abstrak.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 1203111025_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111025_Kata_Pengantar.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 1203111025_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111025_Daftar_Isi.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 1203111025_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111025_Daftar_Gambar.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 1203111025_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111025_Daftar_Tabel.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 1203111025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1203111025_BAB_I.pdf] Text
1203111025_BAB_I.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 1203111025_BAB_V.pdf] Text
1203111025_BAB_V.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 1203111025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 060872 Kecamatan Medan Perjuangan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimental research. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 10 soal. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu siswa kelas IV-a dan kelas IV-b. Masing-masing kelas berjumlah 19 siswa. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas pretes posttest kelas kontrol dan eksperimen mendapatkan hasil Lhitung<Ltabel sehingga data berdistribusi normal. Uji homogenitas pretest dan posttest mendapatkan hasil Fhitung < Ftabel sehingga data bersifat homogen. Kemudian uji hipotesis dengan kriteria pengujian sig  ɑ 0,05 mendapatkan hasil sig 0,007 < 0,05. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Hɑ diterima sehingga disimpulkan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kantong bilangan berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa matematika kelas IV SD Negeri 060872 Kecamatan Medan Perjuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kontekstual, Kantong Bilangan, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:56
Last Modified: 01 Jul 2025 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60931

Actions (login required)

View Item
View Item