LAWOLO, MEILANI SARI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060872 KEC. MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Cover.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 1203111025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (524kB)
![[thumbnail of 1203111025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Abstrak.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 1203111025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Kata_Pengantar.pdf
Download (273kB)
![[thumbnail of 1203111025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Daftar_Isi.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 1203111025_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Daftar_Gambar.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 1203111025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Daftar_Tabel.pdf
Download (99kB)
![[thumbnail of 1203111025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 1203111025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_BAB_I.pdf
Download (474kB)
![[thumbnail of 1203111025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_BAB_V.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of 1203111025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (192kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 060872 Kecamatan Medan Perjuangan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimental research. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 10 soal. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu siswa kelas IV-a dan kelas IV-b. Masing-masing kelas berjumlah 19 siswa. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas pretes posttest kelas kontrol dan eksperimen mendapatkan hasil Lhitung<Ltabel sehingga data berdistribusi normal. Uji homogenitas pretest dan posttest mendapatkan hasil Fhitung < Ftabel sehingga data bersifat homogen. Kemudian uji hipotesis dengan kriteria pengujian sig ɑ 0,05 mendapatkan hasil sig 0,007 < 0,05. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Hɑ diterima sehingga disimpulkan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kantong bilangan berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa matematika kelas IV SD Negeri 060872 Kecamatan Medan Perjuangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kontekstual, Kantong Bilangan, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:56 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60931 |