PENGARUH LKPD INOVATIF BERBASIS INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS VI SD NEGERI 060856 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024

MARBUN, MARINTAN EVELYN (2024) PENGARUH LKPD INOVATIF BERBASIS INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS VI SD NEGERI 060856 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311083_Cover.pdf] Text
1203311083_Cover.pdf

Download (777kB)
[thumbnail of 1203311083_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311083_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311083_Abstrak.pdf] Text
1203311083_Abstrak.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of 1203311083_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311083_Kata_Pengantar.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of 1203311083_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311083_Daftar_Isi.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of 1203311083_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311083_Daftar_Gambar.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of 1203311083_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311083_Daftar_Tabel.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of 1203311083_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311083_Daftar_Lampiran.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of 1203311083_BAB_I.pdf] Text
1203311083_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311083_BAB_V.pdf] Text
1203311083_BAB_V.pdf

Download (818kB)
[thumbnail of 1203311083_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311083_Daftar_Pustaka.pdf

Download (793kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan ada atau tidaknya pengaruh LKPD inovatif berbasis inquiry terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 “Pemimpin Idolaku” kelas VI SD Negeri 060856 Kecamatan Medan Perjuangan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan Quasi Experiment Design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 060856 Kecamatan Medan Perjuangan, yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan pembelajaran menggunakan LKPD inovatif berbasis inquiry dan kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multi choice) dengan empat pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar pada tema 7 subtema 2. Teknik analisis data tes dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 29 untuk Windows mulai dari uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada LKPD inovatif berbasis inquiry terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 “Pemimpin Idolaku” kelas VI SD Negeri 060856 Kecamatan Medan Perjuangan T.A 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan Uji Independen Samples t Test yang dapat diperoleh 0,003 < 0,05, yang dapat dikatakan H0 ditolak H1 diterima. Maka dengan itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh setelah menggunakan LKPD inovatif berbasis inquiry.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD Inovatif berbasis Inquiry, Hasil Belajar, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:01
Last Modified: 01 Jul 2025 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60917

Actions (login required)

View Item
View Item