PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD

S., MARIA ANGEL CHRISTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111129_Cover.pdf] Text
1203111129_Cover.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1203111129_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111129_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of 1203111129_Abstrak.pdf] Text
1203111129_Abstrak.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1203111129_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111129_Kata_Pengantar.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of 1203111129_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111129_Daftar_Isi.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1203111129_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111129_Daftar_Gambar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203111129_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111129_Daftar_Tabel.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203111129_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111129_Daftar_Lampiran.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203111129_BAB_I.pdf] Text
1203111129_BAB_I.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 1203111129_BAB_V.pdf] Text
1203111129_BAB_V.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1203111129_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111129_Daftar_Pustaka.pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya suatu perbedaan
hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa dengan memakai model pembelajaran
word square berbasis. Penelitian ini dilakukan di SDN 060922 Tj. Rejo, Medan.
Metode penelitian yang digunakan ialah pre eksperimental dengan desain onegroup-
pre-test-post-test. Pengambilam sampel dilakukan dengan teknik total
sample yang melibatkan 20 siswa sebagai sampelnya. Data penelitian diperoleh
berdasar hasil pre-test dan post-test yang berupa soal pilihan berganda dengan
jumlah soal 20 soal. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 25.
Hasil analisis data menampilkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan
Pancasila kelas V setelah menggunakan model pembelajaran word square adalah
81,25 sedangkan nilai rata-rata pada saat melakukan pre-test adalah 57,25. Hal ini
tentu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan
model pembelajaran Word Square berbasis digital pada mata pelajaran Pendidikan
Pancasila. Dengan demikian peneliti menyarankan agar guru boleh memanfaatkan
model pembelajaran Word Square berbasis digital ini dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Word Square, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:01
Last Modified: 01 Jul 2025 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60916

Actions (login required)

View Item
View Item