S., MARIA ANGEL CHRISTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111129_Cover.pdf
Download (248kB)
1203111129_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (763kB)
1203111129_Abstrak.pdf
Download (266kB)
1203111129_Kata_Pengantar.pdf
Download (544kB)
1203111129_Daftar_Isi.pdf
Download (267kB)
1203111129_Daftar_Tabel.pdf
Download (239kB)
1203111129_Daftar_Gambar.pdf
Download (237kB)
1203111129_Daftar_Lampiran.pdf
Download (239kB)
1203111129_BAB_I.pdf
Download (546kB)
1203111129_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (904kB)
1203111129_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111129_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111129_BAB_V.pdf
Download (266kB)
1203111129_Daftar_Pustaka.pdf
Download (512kB)
1203111129_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya suatu perbedaan
hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa dengan memakai model pembelajaran
word square berbasis. Penelitian ini dilakukan di SDN 060922 Tj. Rejo, Medan.
Metode penelitian yang digunakan ialah pre eksperimental dengan desain onegroup-
pre-test-post-test. Pengambilam sampel dilakukan dengan teknik total
sample yang melibatkan 20 siswa sebagai sampelnya. Data penelitian diperoleh
berdasar hasil pre-test dan post-test yang berupa soal pilihan berganda dengan
jumlah soal 20 soal. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 25.
Hasil analisis data menampilkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan
Pancasila kelas V setelah menggunakan model pembelajaran word square adalah
81,25 sedangkan nilai rata-rata pada saat melakukan pre-test adalah 57,25. Hal ini
tentu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan
model pembelajaran Word Square berbasis digital pada mata pelajaran Pendidikan
Pancasila. Dengan demikian peneliti menyarankan agar guru boleh memanfaatkan
model pembelajaran Word Square berbasis digital ini dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Word Square, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:01 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 08:27 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60916 |
