SIMBOLON, MAGDA (2024) PENGARUH MODEL PAIKEM BERBASIS MEDIA INFORMATION TECHOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SDN 173554 PARDINGGARAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1202411007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Cover.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 1202411007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (360kB)
![[thumbnail of 1202411007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Abstrak.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of 1202411007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Kata_Pengantar.pdf
Download (433kB)
![[thumbnail of 1202411007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Daftar_Isi.pdf
Download (389kB)
![[thumbnail of 1202411007_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Daftar_Gambar.pdf
Download (225kB)
![[thumbnail of 1202411007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Daftar_Tabel.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 1202411007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 1202411007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_BAB_I.pdf
Download (684kB)
![[thumbnail of 1202411007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_BAB_V.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 1202411007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (612kB)
Abstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh Model PAIKEM Berbasis Media Information Technology pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi seluruh siswa kelas IV SDN 173554 Pardinggaran, yang dibagi dalam dua kelas yaitu IV-A dan IV-B. Kelas IV-A merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan Model PAIKEM Berbasis Media Information Technology dan kelas IV-B merupakan kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes belajar kognitif berupa pilihan berganda sejumlah 20 soal. Beradasarkan hasil pengelolahan data, data pre-test diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 50,95 dan kelas kontrol 54,75. Setelah diberikan perlakuan, kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 81,90 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 71,25. Hasil uji t post-test pada taraf signifikansi α= 0,05 diperoleh thitung = 2,022 dan ttabel = 1,682, maka thitung > ttabel sehingga hipotesis ( Ha ) diterima dan hipotesis ( Ho ) ditolak. Berdasarkan hal tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan Model PAIKEM Berbasis Media Information Technology pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 173554 Pardinggaran T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model PAIKEM, Media Information Technology, hasil belajar, pengaruh |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:02 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60914 |