PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL E-BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 3 DI KELAS V SD SWASTA BUDI MULIA T.A 2023/2024

ANGKAT, LUTHFIYA NIBROOS (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL E-BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 3 DI KELAS V SD SWASTA BUDI MULIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1173311070_Cover.pdf] Text
1173311070_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1173311070_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1173311070_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 1173311070_Abstrak.pdf] Text
1173311070_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1173311070_Kata_Pengantar.pdf] Text
1173311070_Kata_Pengantar.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1173311070_Daftar_Isi.pdf] Text
1173311070_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1173311070_Daftar_Gambar.pdf] Text
1173311070_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1173311070_Daftar_Tabel.pdf] Text
1173311070_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1173311070_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1173311070_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1173311070_BAB_I.pdf] Text
1173311070_BAB_I.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 1173311070_BAB_V.pdf] Text
1173311070_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1173311070_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1173311070_Daftar_Pustaka.pdf

Download (504kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui validitas,
praktikalitas, dan efektivitas bahan ajar digital e-book pembelajaran tematik tema
7 subtema 3 di kelas V SD Swasta Budi Mulia. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan model 4D yang disarankan Thiagarajan yaitu, 1)
Define, 2) Design, 3) Development, dan 4) Dessiminate. Populasi penelitian
berjumlah sebanyak 22 orang yang berada pada kelas V-D SD Swasta Budi Mulia,
sedangkan sampel yang diambil berjumlah 12 orang. Melalui analisis data yang
dilakukan menunjukkan bahwa hasil validitas bahan ajar digital e-book
pembelajaran tematik dengan total nilai yang berjumlah 93 dengan klasifikasi
“sangat valid”. Selanjutnya hasil validasi ahli bahan ajar/desain dengan jumlah
skor akhir 76 dengan klasifikasi “valid”. Berikutnya hasil validasi ahli soal pilihan
berganda mendapatkan skor 80 dengan klasifikasi “valid”. Pada uji praktikalitas
berdasarkan respon pendidik/guru mendapatkan persentase 80% dengan
klasifikasi “praktis”, sedangkan respon peserta didik mendapatkan persentase
96,25% dengan kategori “sangat praktis”. Untuk uji keefektivan bahan ajar digital
e-book di kelas V-D dilakukan cara melihat hasil pretes dan post tes yang
menunjukkan peningkatan. Nilai rata-rata pretes yang diperoleh sebesar 50,83 dan
nilai post tes sebesar 80 dengan kategori “tuntas”. Maka dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar digital e-book pembelajaran tematik di kelas V valid, praktis dan
efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar Digital, E-book, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:28
Last Modified: 02 Jul 2025 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60910

Actions (login required)

View Item
View Item