Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi

Salsalina, Ita (2024) Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193250008_Cover.pdf] Text
4193250008_Cover.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4193250008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193250008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4193250008_Abstrak.pdf] Text
4193250008_Abstrak.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4193250008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193250008_Kata_Pengantar.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4193250008_Daftar_Isi.pdf] Text
4193250008_Daftar_Isi.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4193250008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193250008_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4193250008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193250008_Daftar_Tabel.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4193250008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193250008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4193250008_BAB_I.pdf] Text
4193250008_BAB_I.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4193250008_BAB_V.pdf] Text
4193250008_BAB_V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4193250008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193250008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstract

Proses Pembelajaran Cenderung Masih Berpusat Pada Guru Yang Mengakibatkan Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik. Oleh Karena Itu, Peneliti Menerapkan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMAN 4 Tebing Tinggi. Penelitian Ini Juga Bertujuan Untuk Mengetahui Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Proses Pengembangan E-LKPD Dan Untuk Mengetahui Kevalidan, Kepraktisan Dan Keefektifan E-LKPD Yang Dikembangkan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Yaitu Penelitian Yang Mengacu Pada Model ADDIE. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Ditarik Kesimpulan Yaitu : Tingkat Kevalidan Pada E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Nearpod Ditentukan Oleh Penilaian Dari Ahli Materi Dan Ahli Media. Ahli Materi Memberikan Skor Pada Tahap Pertama Senilai 75% Dengan Kategori “Layak” Pada Tahap Kedua Setelah Peneliti Memperbaiki Produk Sesuai Dengan Saran Dari Validator Media Maka Didapatkan Skor Senilai 80% Dengan Kategori “Sangat Layak” . Ahli Media Memberikan Nilai 90% Dengan Kategori “Sangat Layak” Dan Di Tahap Kedua Validasi, Validator Media Memberikan Skor Senilai 92,5% Dengan Kategori “Sangat Layak”. Tingkat Kepraktisan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Nearpod Ditentukan Oleh Ahli Praktisi Yaitu Guru Pendidik (Guru Bidang Studi Fisika) Kelas XI SMAN 4 Tebing Tinggi. Total Nilai Yang Diberikan Oleh Ahli Praktisi Adalah 39 Dengan Persentase Kelayakan 81% Masuk Dalam Kategori “Sangat Praktis”. Tingkat Keefektifan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Nearpod Didapatkan Dari Hasil Pre-Test Dan Post-Test. Dari Hasil Coba Pre-Test Menunjukkan Efektifitas Senilai 43,35 Dengan Kategoti Belum Tuntas. Setelah Dilakukan Pembelajaran Dengan Menggunakan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Berbantuan Nearpod Didapatkan Nilai Rata Rata Peserta Didik Senilai 83,67 Dengan Kategori Tuntas Dan Produk “Sangat Efektif”. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa 43,35 Yang Dikembangkan Sangat Efektif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, E-LKPD, Berbasis Pendekatan Saintifik, Nearpod
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 Mar 2025 01:33
Last Modified: 12 Mar 2025 01:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60905

Actions (login required)

View Item
View Item