ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KULTUR SEKOLAH DI SD NEGERI 165735 KEC. RAMBUTAN KOTA TEBING TINGGI

ANGGRAINI, LELY (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KULTUR SEKOLAH DI SD NEGERI 165735 KEC. RAMBUTAN KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311009_Cover.pdf] Text
1203311009_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 1203311009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 1203311009_Abstrak.pdf] Text
1203311009_Abstrak.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of 1203311009_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311009_Kata_Pengantar.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1203311009_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311009_Daftar_Isi.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1203311009_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311009_Daftar_Gambar.pdf

Download (966kB)
[thumbnail of 1203311009_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311009_Daftar_Tabel.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of 1203311009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1203311009_BAB_I.pdf] Text
1203311009_BAB_I.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 1203311009_BAB_V.pdf] Text
1203311009_BAB_V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 1203311009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter melalui kultur sekolah, menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dan untuk Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor penghambat pendidikan karakter dalam kultur sekolah dii kelas IV SD Negeri 165735 Kec. Rambutan Kota Tebing Tinggi.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas IV SD Negeri 165735 Kec. Rambutan Kota Tebing Tinggi. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan model analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter di kelas IV SD Negeri 165735 Kec. Rambutan Kota Tebing Tinggi diimplementasikan melalui lapisan artifak serta nilai dan keyakinan. Hasil observasi menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam kultur sekolah berada pada kategori Baik dan sangat baik dengan persentase 80% dan 96%. Perencanaan terdiri dari penetapan nilai-nilai karakter yaitu religius, disiplin, semangat kebangsaan, dan nilai peduli lingkungan, analisis kondisi sekolah, penyusunan program, dan sosialisasi kebijakan kepada guru, staf, peserta didik, dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Implementasi,Nilai,Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:31
Last Modified: 02 Jul 2025 01:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60899

Actions (login required)

View Item
View Item