Pratiwi, Iis Damayanti (2016) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN EKSPLORASI DI PAUD MULIA KEC. PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Rendahnya kreativitas pada anak, (2) anak masih kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas, (3) anak merasa bosan, ngantuk pada saat mengerjankan tugas, (4) kurangnya penggunaan permainan eksplorasi dalam pembelajaran khususnya untuk meningkatkan kreativitas anak, (5) Sistem pendidikan yang lebih memfokuskan pada kemampuan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung (calistung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan permainan eksplorasi “bermain pasir” di PAUD Mulia Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Mulia, yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Muli Kec Percut Sei Tuan Kab Deli Serdang. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi perkembangan kreativitas anak dengan indikator sebagai berikut: rasa ingin tahu yang besar, Bersifat imajinatif, tekun dan tidak mudah bosan belajar, berani mengambil resiko, dan kaya inisiatif, Kritis terhadap pendapat orang lain. Hasil observasi dan refleksi pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 10,05%, anak yang tergolong dalam kemampuan kreativitas sangat baik 0 (0 %) , anak yang tergolong baik 0 (0 %) , anak yang tergolong cukup 15 (75%) , dan anak yang kurang 5(25,8%). Hasil pengamatan siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 12,75%, anak yang tergolong sangat baik 0 (0%), anak yang tergolong baik 3 (15%), anak yang tergolong cukup 17 (85%), anak yang tergolong kurang 0 (0%). Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata anak 16,95 %, anak yang tergolong sangat baik 7 (35%), anak yang tergolong baik 8 (40%), anak yang tergolong cukup 5 (25%,), dan anak yang tergolong kurang 0 (0%). Hasil pengamatan siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 19,95 %, anak yang tergolong sangat baik 11(55%), anak yang tergolong baik 7 (35%), anak yang tergolong cukup 2 (10%), dan anak YANG tergolong kurang 0 (0%).
Dan tidak ditemukan lagi anak yang tergolong kurang kreatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan eksplorasi “bermain pasir” dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak. Oleh karena itu, kegiatan permainan eksplorasi “bermain pasir” dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Mulia Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 007 |
Keywords: | Kreativitasi; Permainan Eksplorasi; Bermain Pasir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6088 |