Simanullang, Elvina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203321017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Cover.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 4203321017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of 4203321017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Abstrak.pdf
Download (104kB)
![[thumbnail of 4203321017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Kata_Pengantar.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 4203321017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Daftar_Isi.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 4203321017_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 4203321017_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Daftar_Tabel.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 4203321017_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 4203321017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_BAB_I.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of 4203321017_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
![[thumbnail of 4203321017_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
![[thumbnail of 4203321017_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
![[thumbnail of 4203321017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_BAB_V.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 4203321017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 4203321017_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (133kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Base Learning (PjBL)dan mengetahui peningkatan kemapuan berpikir kreatif setelah diterapkan model Project Based Learning (PjBL)pada materi pokok suhu dan kalor kelas Xl Fase F. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian two group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Xl Fase F SMA Negeri 1 Sunggal. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas Xl Fase F 1 sebagai kelas eksperimen yeng terdiri dari 35 siswa dan XI Fase F 2 sebagai kelas kontrol tersiri dari 36 siswa. Kelas Xl Fase F1 Merupakan kelas eksperimen diajarkan menggunakan model PjBL. Kelas Xl Fase F2 adalah kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes bentuk soal essay pada materi suhu dan kalor. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang sudah divalidasi. Instrument tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dengan 12 soal berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil data pretes dan postes kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen sebesar 41,0 dan 83,0 sedangkan kelas kontrol sebesar 40,7 dan 66,3. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perbedaan kemampuan berpikir kreatif secara signifikan dengan menerapkan PjBL pada materi suhu dan kalor. Penerapan PjBL memberi pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Selain pengaruh dengan PjBL juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project based learning; Berpikir kreatif; Suhu; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:46 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60818 |