DALIMUNTHE, KHOIRANI FEBRY (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 104205 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311071_Cover.pdf
Download (213kB)
1203311071_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (675kB)
1203311071_Abstrak.pdf
Download (357kB)
1203311071_Kata_Pengantar.pdf
Download (301kB)
1203311071_Daftar_Isi.pdf
Download (350kB)
1203311071_Daftar_Tabel.pdf
Download (201kB)
1203311071_Daftar_Gambar.pdf
Download (203kB)
1203311071_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
1203311071_BAB_I.pdf
Download (493kB)
1203311071_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311071_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (605kB)
1203311071_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (950kB)
1203311071_BAB_V.pdf
Download (316kB)
1203311071_Daftar_Pustaka.pdf
Download (346kB)
1203311071_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor
yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SD
Negeri 104205 Tembung pada materi harmoni dalam ekosistem. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
104205 Tembung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 104205
Tembung. Adapun subjek lain yang dijadikan sebagai sumber informan adalah
guru kelas V SDN 104205 Tembung. Teknik analisis data dilakukan dengan cara
mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan jumlah siswa yang keaktifan belajarnya dipengaruhi oleh faktor
jasmani berjumlah 11 orang, tidak ada yang dipengaruhi oleh faktor keadaan fisik
(pancaindra), faktor perhatian berjumlah 12 orang faktor tanggapan berjumlah 14
orang. Jumlah siswa yang keaktifan belajarnya dipengaruhi oleh faktor tempat
berjumlah 10 orang dan jumlah siswa yang keaktifan belajarnya dipengaruhi oleh
faktor fasilitas berjumlah 13 orang. Sedangkan tidak ada siswa yang keaktifan
belajarnya dipengaruhi oleh faktor guru, dan faktor teman sebaya berjumlah 9
orang. Tanggapan menjadi faktor yang paling mempengaruhi keaktifan belajar
siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Harmoni Dalam Ekosistem, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar, Pembelajaran IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:34 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 08:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60783 |
