ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 104205 TEMBUNG

DALIMUNTHE, KHOIRANI FEBRY (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 104205 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311071_Cover.pdf] Text
1203311071_Cover.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1203311071_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311071_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 1203311071_Abstrak.pdf] Text
1203311071_Abstrak.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 1203311071_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311071_Kata_Pengantar.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 1203311071_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311071_Daftar_Isi.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1203311071_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311071_Daftar_Gambar.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1203311071_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311071_Daftar_Tabel.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1203311071_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311071_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203311071_BAB_I.pdf] Text
1203311071_BAB_I.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 1203311071_BAB_V.pdf] Text
1203311071_BAB_V.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 1203311071_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311071_Daftar_Pustaka.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor
yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SD
Negeri 104205 Tembung pada materi harmoni dalam ekosistem. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
104205 Tembung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 104205
Tembung. Adapun subjek lain yang dijadikan sebagai sumber informan adalah
guru kelas V SDN 104205 Tembung. Teknik analisis data dilakukan dengan cara
mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan jumlah siswa yang keaktifan belajarnya dipengaruhi oleh faktor
jasmani berjumlah 11 orang, tidak ada yang dipengaruhi oleh faktor keadaan fisik
(pancaindra), faktor perhatian berjumlah 12 orang faktor tanggapan berjumlah 14
orang. Jumlah siswa yang keaktifan belajarnya dipengaruhi oleh faktor tempat
berjumlah 10 orang dan jumlah siswa yang keaktifan belajarnya dipengaruhi oleh
faktor fasilitas berjumlah 13 orang. Sedangkan tidak ada siswa yang keaktifan
belajarnya dipengaruhi oleh faktor guru, dan faktor teman sebaya berjumlah 9
orang. Tanggapan menjadi faktor yang paling mempengaruhi keaktifan belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Harmoni Dalam Ekosistem, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar, Pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:34
Last Modified: 02 Jul 2025 01:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60783

Actions (login required)

View Item
View Item