SIREGAR, KHOFIFAH CHOIRUN NISYA (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SPOTIFY PADA SISWA KELAS IV SD SEJAHTERA KEC. MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311032_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Cover.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 1203311032_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of 1203311032_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Abstrak.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 1203311032_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Kata_Pengantar.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 1203311032_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Daftar_Isi.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of 1203311032_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Daftar_Gambar.pdf
Download (128kB)
![[thumbnail of 1203311032_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Daftar_Tabel.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 1203311032_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 1203311032_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_BAB_I.pdf
Download (292kB)
![[thumbnail of 1203311032_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_BAB_V.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 1203311032_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (163kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan, dan hasil peningkatan keterampilan menyimak cerita setelah
menggunakan fitur podcast di aplikasi Spotify pada siswa kelas IV SD Sejahtera
Kec. Medan Marelan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 11 orang, di mana
7 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini, yaitu observasi dan tes. Instrumen Penelitian yaitu lembar observasi
dan pedoman tes. Desain penelitian ini, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan
dalam dalam penelitian ini berjalan dengan baik dan meningkat. Hal ini dapat
dilihat dari hasil persentase kemampuan guru dalam merancang pembelajaran
mengalami peningkatan dari persentase 77% menjadi sebesar 97%. (2)
Pelaksanaan penelitian berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan pada
setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase observasi
aktivitas guru dan siswa setiap siklusnya. Di mana persentase observasi aktivitas
guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 88% dan pada siklus II meningkat
menjadi 98,38%. Sedangkan untuk persentase observasi aktivitas siswa pada
siklus I memperoleh persentase sebesar 77,5% dan pada siklus II meningkat
menjadi 95%. (3) Hasil penelitian ini memperoleh hasil yang baik dan mengalami
peningkatan yang signifikan. Pada pre-test diperoleh persentase ketuntasan siswa
kelas IV sebesar 18%, pada siklus 1 meningkat sebesar 54,5% dan pada siklus II
meningkat jadi 90%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi
spotify dalam pembelajaran menyimak dapat meningkatkan keterampilan
menyimak siswa kelas IV SD Sejahtera Kec. Medan marelan tahun ajaran
2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Menyimak, Aplikasi Spotify, Podcast |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:35 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60777 |