PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASISMASALAHPADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELASV DI SD NEGERI 165735 KOTA TEBING TINGGI

MANURUNG, JANUARTIKA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASISMASALAHPADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELASV DI SD NEGERI 165735 KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111051_Cover.pdf] Text
1203111051_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1203111051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of 1203111051_Abstrak.pdf] Text
1203111051_Abstrak.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1203111051_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111051_Kata_Pengantar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1203111051_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111051_Daftar_Isi.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1203111051_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111051_Daftar_Gambar.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 1203111051_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111051_Daftar_Tabel.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1203111051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 1203111051_BAB_I.pdf] Text
1203111051_BAB_I.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1203111051_BAB_V.pdf] Text
1203111051_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1203111051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian dilaksanaka untuk tujuan mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis masalah pada pembelajaran bahasa Inggris Unit 8 “The Girrafe is Taller Than The Deer” tentang Comparative Degree untuk siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model Thiagarajan (4D) yakni define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissaminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 165735 Kota Tebing Tinggi. Adapun subjek penelitian ialah validator materi, validator desain, praktisi pendidikan yakni guru dan peserta didik kelas V SDN 165735 Kota Tebing Tinggi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, angket dan tes dengan teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapat validasi oleh ahli materi 88,8% dengan kategori “Sangat Layak” dan validasi oleh ahli desain 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji praktikalitas oleh ahli ipraktisi pendidikan mendapatkan penilaian berdasarkan angket respon guru sebesar 96% dengan kategori “Sangat praktis” dan angket respon siswa memperoleh 93,96% dengan kategori “Sangat Praktis”. Untuk hasil efektivitas bahan ajar yang dikembangkan diperoleh menggunakan rumus N-Gain dengan nilai N-Gain sebesar 72,41% dengan kategori “Cukup Efektif”. Berdasarkan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis masalah sudah layak, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 165735 Kota Tebing Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Pembelajaran, Berbasis Masalah, Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:22
Last Modified: 02 Jul 2025 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60719

Actions (login required)

View Item
View Item