PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 101140 SUNGAI DURIAN

SIREGAR, ISRA AISYAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 101140 SUNGAI DURIAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111111_Cover.pdf] Text
1203111111_Cover.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1203111111_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111111_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 1203111111_Abstrak.pdf] Text
1203111111_Abstrak.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1203111111_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111111_Kata_Pengantar.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 1203111111_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111111_Daftar_Isi.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1203111111_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111111_Daftar_Gambar.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1203111111_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111111_Daftar_Tabel.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1203111111_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111111_Daftar_Lampiran.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1203111111_BAB_I.pdf] Text
1203111111_BAB_I.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 1203111111_BAB_V.pdf] Text
1203111111_BAB_V.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 1203111111_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111111_Daftar_Pustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan dan inovasi dalam media pembelajaran, bahwa hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 101140 Sungai Durian masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada IPAS kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 101140 Sungai Durian yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, angket validasi ahli desain materi, ahli desain media, ahli praktisi pendidikan, dan tes. Hasil penilaian kevalidan oleh validator ahli materi sebesar 76% dengan kriteria “Valid”, dan penilaian oleh validator ahli desain media sebesar 87% dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi Pendidikan kelas IV sebesar 97% dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan penilaian respon siswa kelas IV SDN 101140 Sungai Durian memperoleh skor 95% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh siswa terjadi peningkatan dapat dilihat dari hasil Pre-Test dan Post-Test. Hasil pre-test yang dilakukan di kelas IV sebelum menggunakan media pembelajaran tersebut terdapat 20 siswa yang belum tuntas dan hanya 4 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 43%. Hasil post-test setelah menggunakan media pembelajaran terdapat 19 siswa yang dinyatakan tuntas dan hanya 5 siswa yang tidak tuntas dengan persentase sebesar 83%. Disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis Construct 2 valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 101140 Sungai Durian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Construct 2, Media Pembelajaran, Pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:22
Last Modified: 02 Jul 2025 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60716

Actions (login required)

View Item
View Item