PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 104201 KOLAM

SIREGAR, IRA SUSANTI (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 104201 KOLAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111057_Cover.pdf] Text
1203111057_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 1203111057_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111057_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 1203111057_Abstrak.pdf] Text
1203111057_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111057_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111057_Kata_Pengantar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1203111057_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111057_Daftar_Isi.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1203111057_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111057_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1203111057_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111057_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 1203111057_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111057_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1203111057_BAB_I.pdf] Text
1203111057_BAB_I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1203111057_BAB_V.pdf] Text
1203111057_BAB_V.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1203111057_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111057_Daftar_Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPAS dalam Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV di SDN 104201 Kolam. Subjek dalam studi ini meliputi semua siswa kelas IV di SDN 104201 untuk Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling, dan satu kelas, yaitu kelas IVC yang terdiri dari 25 siswa, dipilih sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal yang telah memenuhi kriteria validitas instrumen. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata awal sebesar 29,6, sementara nilai rata-rata akhir meningkat menjadi 81,2, menandakan adanya peningkatan dalam hasil belajar. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000, < 0,05, sehingga Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV di SDN 104201 Kolaam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:45
Last Modified: 02 Jul 2025 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60706

Actions (login required)

View Item
View Item