SIREGAR, IRA SUSANTI (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 104201 KOLAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111057_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Cover.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 1203111057_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (346kB)
![[thumbnail of 1203111057_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Abstrak.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 1203111057_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Kata_Pengantar.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 1203111057_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Daftar_Isi.pdf
Download (248kB)
![[thumbnail of 1203111057_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 1203111057_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Daftar_Tabel.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 1203111057_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of 1203111057_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_BAB_I.pdf
Download (350kB)
![[thumbnail of 1203111057_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_BAB_V.pdf
Download (128kB)
![[thumbnail of 1203111057_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111057_Daftar_Pustaka.pdf
Download (162kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPAS dalam Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV di SDN 104201 Kolam. Subjek dalam studi ini meliputi semua siswa kelas IV di SDN 104201 untuk Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling, dan satu kelas, yaitu kelas IVC yang terdiri dari 25 siswa, dipilih sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal yang telah memenuhi kriteria validitas instrumen. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata awal sebesar 29,6, sementara nilai rata-rata akhir meningkat menjadi 81,2, menandakan adanya peningkatan dalam hasil belajar. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000, < 0,05, sehingga Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV di SDN 104201 Kolaam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:45 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60706 |