PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KASAPA (KALENG SATUAN PANJANG) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SATUAN PANJANG DI KELAS IV SD NEGERI 040462 BERASTAGI TA 2023/2024

GULTOM, INRI MARANATA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KASAPA (KALENG SATUAN PANJANG) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SATUAN PANJANG DI KELAS IV SD NEGERI 040462 BERASTAGI TA 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111113_Cover.pdf] Text
1203111113_Cover.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1203111113_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111113_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (921kB)
[thumbnail of 1203111113_Abstrak.pdf] Text
1203111113_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203111113_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111113_Kata_Pengantar.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1203111113_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111113_Daftar_Isi.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1203111113_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111113_Daftar_Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1203111113_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111113_Daftar_Tabel.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 1203111113_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111113_Daftar_Lampiran.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1203111113_BAB_I.pdf] Text
1203111113_BAB_I.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 1203111113_BAB_V.pdf] Text
1203111113_BAB_V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1203111113_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111113_Daftar_Pustaka.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Kaleng Satuan Panjang (KASAPA) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 040462 Berastagi T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian adalah metode eksperimen. Metode eksperimen menggunakan desaian Eksperimental Semu (Quasi Esperimental Design) dengan bentuk two group pretest-posttest. Bentuk desain ini terdiri atas kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040462 Berastagi yang terdiri dari 40 siswa. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi yang terdiri dari dua kelas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes berbentuk pilihan berganda. Pada saat pretest, rata-rata pencapaian hasil belajar pada kelas kontrol adalah 35,5 dan kelas eksperimen 42,75. Selanjutnya, pada saat postest rata-rata capaian hasil belajar kelas kontrol adalah 58 dan kelas eskperimen 80,5. Jadi, skor hasil belajar pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh selisih 7,25 dan skor hasil belajar posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh selisih 22,5. Dari hasil belajar posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Kaleng Satuan Panjang (KASAPA) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media KASAPA, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:07
Last Modified: 02 Jul 2025 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60699

Actions (login required)

View Item
View Item