PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATIONPADA PELAJARANIPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA KELAS V SD NEGERI 066056 MEDAN

HUTABARAT, HAPOSANNA KRISNARIA (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATIONPADA PELAJARANIPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA KELAS V SD NEGERI 066056 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411025_Cover.pdf] Text
1202411025_Cover.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 1202411025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of 1202411025_Abstrak.pdf] Text
1202411025_Abstrak.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 1202411025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1202411025_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411025_Daftar_Isi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 1202411025_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411025_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1202411025_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411025_Daftar_Tabel.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1202411025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1202411025_BAB_I.pdf] Text
1202411025_BAB_I.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 1202411025_BAB_V.pdf] Text
1202411025_BAB_V.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1202411025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik dengan Model Group Investigation Pada Pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Raya Topik Bagaimana Bentuk Indonesiaku Kelas V yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 93,33% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor 86,66% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian praktisi pendidikan diperoleh skor 92% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil efektivitas dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 74,80% atau N-Gain > 0,70 dengan kategori “Sangat Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik dengan Model Group Investigation yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Berbasis Komik, Group Investigation, Pelajaran IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:02
Last Modified: 02 Jul 2025 07:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60621

Actions (login required)

View Item
View Item