PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI VEKTOR FISIKA DI TINGKAT SMA

Zega, Anugrah (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI VEKTOR FISIKA DI TINGKAT SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171121001_Cover.pdf] Text
4171121001_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171121001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171121001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4171121001_Abstrak.pdf] Text
4171121001_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171121001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171121001_Kata_Pengantar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4171121001_Daftar_Isi.pdf] Text
4171121001_Daftar_Isi.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 4171121001_BAB_I.pdf] Text
4171121001_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171121001_BAB_II.pdf] Text
4171121001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[thumbnail of 4171121001_BAB_III.pdf] Text
4171121001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[thumbnail of 4171121001_BAB_IV.pdf] Text
4171121001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[thumbnail of 4171121001_BAB_V.pdf] Text
4171121001_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171121001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171121001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171121001_Lampiran.pdf] Text
4171121001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes memenuhi kriteria tes standar baik itu dari aspek validitas, reabilitas, Tingkat kesukaran dan daya beda. Produk yang dikembangkan berupa instrumen tes berbasis critical thingking pada materi vektor fisika di tingkat SMA. Jenis penelitian ini merupakan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian ini diperoleh dengan mengujikan instrumen tes yang telah dikembangkan berupa tes uraian sebanyak 12 soal. Instrumen Tes Berbasis Berpikir Kritis (Critical Thinking) yang dikembangkan pada materi vektor di Kelas XI B SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 12 (dua belas) butir soal dalam bentuk essay, dari hasil uji lapangan diperoleh soal valid yang berjumlah 10 (sepuluh) butir soal, memperoleh soal yang valid sebanyak 10 butir soal dengan rhitung > 0,361 dan 2 soal yang tidak valid rhitung <0,361.Hasil reliabilitas dari hasil uji lapangan yang dilakukan di kelas vektor di Kelas XI B SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, diperoleh bahwa instrumen tes yang dikembangkan memiliki reliabilitas tinggi yaitu sebesar 0,771. Daya beda dari instrumen yang telah di terdapat 8 butir soal dengan daya beda baik, 2 butir soal dengan daya beda cukup baik, dan 2 butir soal dengan daya beda lemah. Rata-rata tingkat kesukaran instrumen tes yang dikembangkan semuanya berada pada kategori sedang dengan rentang 0,54 – 0,73.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.112 Zeg p
Keywords: Instrumen tes; Critical thinking; Vektor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:05
Last Modified: 19 Jun 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60620

Actions (login required)

View Item
View Item