PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA

Manalu, Angeline Aulia (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121068_Cover.pdf] Text
4203121068_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4203121068_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121068_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 4203121068_Abstrak.pdf] Text
4203121068_Abstrak.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 4203121068_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121068_Kata_Pengantar.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4203121068_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121068_Daftar_Isi.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4203121068_BAB_I.pdf] Text
4203121068_BAB_I.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 4203121068_BAB_II.pdf] Text
4203121068_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[thumbnail of 4203121068_BAB_III.pdf] Text
4203121068_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[thumbnail of 4203121068_BAB_IV.pdf] Text
4203121068_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[thumbnail of 4203121068_BAB_V.pdf] Text
4203121068_BAB_V.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 4203121068_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121068_Daftar_Pustaka.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 4203121068_Lampiran.pdf] Text
4203121068_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan LKPD untuk mengukur keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di salah satu SMA Negeri Siantar berjumlah 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji kelompok besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model penelitian adalah ADDIE. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes dan angket. Hasil validasi yang diperoleh bahwa, LKPD dinyatakan sangat layak oleh empat orang validator ahli pendidikan fisika yang terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli desain serta satu orang guru bidang studi fisika. LKPD yang dikembangkan dinyatakan dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentasi rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa pada kelompok kecil sebesar 59,90% dengan kriteria cukup dan tingkat kemampuan pemecahan masalah sebesar 29,17% dengan kriteria sangat rendah. Sedangkan persentasi rata-rata untuk kelompok besar yaitu nilai keterampilan proses sains siswa sebesar 61,35% dengan kriteria baik dan kemampuan pemecahan masalah sebesar 30,42% dengan kriteria sangat rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.42 Man p
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Keterampilan proses sains; Kemampuan pemecahan masalah; Fluida
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2025 05:50
Last Modified: 19 Jun 2025 05:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60619

Actions (login required)

View Item
View Item