PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 106848 TANJUNG TIMUR

TARIGAN, GITA NOVALISA PASKA BR. (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 106848 TANJUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311008_Cover.pdf] Text
1203311008_Cover.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 1203311008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311008_Abstrak.pdf] Text
1203311008_Abstrak.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 1203311008_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311008_Kata_Pengantar.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of 1203311008_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311008_Daftar_Isi.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 1203311008_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311008_Daftar_Tabel.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1203311008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 1203311008_BAB_I.pdf] Text
1203311008_BAB_I.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of 1203311008_BAB_V.pdf] Text
1203311008_BAB_V.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 1203311008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe
giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SDN
106848 Tanjung Timur. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan
desain nonequivalent control grup design. Populasi seluruh siswa kelas IV SDN
106848 Tanjung Timur, yang dibagi dalam dua kelas yaitu IV A dan IV B. Kelas
IV A merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan Strategi Giving
Question and Getting Answer dan kelas IV B merupakan kelas kontrol yang
diberi perlakuan menggunakan Model Konvensional. Instrumen yang digunakan
adalah tes belajar kognitif berupa soal pilihan berganda sejumlah 25 soal.
Berdasarkan hasil pengelolaan data, nilai pretest siswa di kedua kelas memiliki
variasi yang cukup beragam. Kelas eksperimen memiliki rentang nilai pretest dari
44 hingga 80, sementara kelas kontrol memiliki rentang nilai pretest dari 52
hingga 76. Nilai posttest tertinggi di kelas eksperimen adalah 100, yang dicapai
oleh beberapa siswa, Nilai posttest terendah adalah 68. Nilai posttest tertinggi di
kelas kontrol adalah 100, yang dicapai oleh beberapa siswa. Nilai posttest
terendah adalah 72. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi (p)
untuk perbedaan skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Ini mengindikasikan
adanya perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest pada kedua kelompok.
Berdasarkan hal tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan
penggunaan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap
hasil belajar IPAS kelas IV SDN 106848 Tanjung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Giving Question and Getting Answer, IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:07
Last Modified: 02 Jul 2025 07:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60603

Actions (login required)

View Item
View Item