PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN

Keyza, Adelia (2024) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201121022_Cover.pdf] Text
4201121022_Cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4201121022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201121022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4201121022_Abstrak.pdf] Text
4201121022_Abstrak.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4201121022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201121022_Kata_Pengantar.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of 4201121022_Daftar_Isi.pdf] Text
4201121022_Daftar_Isi.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4201121022_BAB_I.pdf] Text
4201121022_BAB_I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4201121022_BAB_II.pdf] Text
4201121022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[thumbnail of 4201121022_BAB_III.pdf] Text
4201121022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of 4201121022_BAB_IV.pdf] Text
4201121022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of 4201121022_BAB_V.pdf] Text
4201121022_BAB_V.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4201121022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201121022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4201121022_Lampiran.pdf] Text
4201121022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 7 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan XI IPA 4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal esai sebanyak 10 soal yang terlebih dahulu divalidasi oleh para ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 51,83 dan kelas kontrol 48,23. Setelah pembelajaran diberikan posttest, nilai rata-rata kelas eksperimen 85,97 dan kelas kontrol 77,43. Hasil analisis data menggunakan uji t satu pihak diperoleh hasil �ℎ����� > ������ (5,504 > 1,671). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.071 2 Key p
Keywords: Inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Suhu; Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2025 05:14
Last Modified: 19 Jun 2025 05:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60600

Actions (login required)

View Item
View Item