Keyza, Adelia (2024) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201121022_Cover.pdf
Download (53kB)
4201121022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (255kB)
4201121022_Abstrak.pdf
Download (161kB)
4201121022_Kata_Pengantar.pdf
Download (796kB)
4201121022_Daftar_Isi.pdf
Download (161kB)
4201121022_BAB_I.pdf
Download (350kB)
4201121022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
4201121022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (216kB)
4201121022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
4201121022_BAB_V.pdf
Download (159kB)
4201121022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (193kB)
4201121022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 7 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan XI IPA 4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal esai sebanyak 10 soal yang terlebih dahulu divalidasi oleh para ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 51,83 dan kelas kontrol 48,23. Setelah pembelajaran diberikan posttest, nilai rata-rata kelas eksperimen 85,97 dan kelas kontrol 77,43. Hasil analisis data menggunakan uji t satu pihak diperoleh hasil �ℎ����� > ������ (5,504 > 1,671). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 536.071 2 Key p |
| Keywords: | Inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Suhu; Kalor |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 05:14 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 05:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60600 |
