NABABAN, FRENTINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS V SDN 028229 BINJAI BARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111094_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Cover.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of 1203111094_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of 1203111094_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Abstrak.pdf
Download (363kB)
![[thumbnail of 1203111094_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Kata_Pengantar.pdf
Download (418kB)
![[thumbnail of 1203111094_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Daftar_Isi.pdf
Download (469kB)
![[thumbnail of 1203111094_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Daftar_Gambar.pdf
Download (332kB)
![[thumbnail of 1203111094_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Daftar_Tabel.pdf
Download (223kB)
![[thumbnail of 1203111094_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Daftar_Lampiran.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 1203111094_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_BAB_I.pdf
Download (708kB)
![[thumbnail of 1203111094_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_BAB_V.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 1203111094_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111094_Daftar_Pustaka.pdf
Download (185kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik, dengan 61% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang kurang menarik, yang menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh. Guru kurang terampil dalam menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan cenderung menggunakan metode ceramah yang kurang efektif untuk mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 1 kelas V SDN 028229 Binjai Barat. Penelitian ini dilakukan di SDN 028229 Binjai Barat menggunakan metode penelitian Eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 028229 Binjai Barat yang terdiri dari 2 kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 46 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 46,95 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 50,65. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,35 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 75,43 sehingga penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar nilai 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 1 di kelas V SDN 028229 Binjai Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar, Tematik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:12 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60556 |