PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP PENINGKATAN DAYA INGAT MENGHAFAL PERKALIAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD N 104607 SEI ROTAN T.A 2023/2024

NATASYA, FITRI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP PENINGKATAN DAYA INGAT MENGHAFAL PERKALIAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD N 104607 SEI ROTAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111032_Cover.pdf] Text
1203111032_Cover.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1203111032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 1203111032_Abstrak.pdf] Text
1203111032_Abstrak.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 1203111032_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111032_Kata_Pengantar.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 1203111032_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111032_Daftar_Isi.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1203111032_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111032_Daftar_Gambar.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 1203111032_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111032_Daftar_Tabel.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1203111032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1203111032_BAB_I.pdf] Text
1203111032_BAB_I.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of 1203111032_BAB_V.pdf] Text
1203111032_BAB_V.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 1203111032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (517kB)

Abstract

Rendahnya daya ingat menghafal siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian disebabkan oleh beberapa faktor seperti kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru dan belum melibatkan siswa secara aktif, metode pembelajaran yang digunakan kurang variatif. Upaya meningkatkan kemampuan daya ingat menghafal siswa ini dengan menerapkan metode pembelajaran Jarimatika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat menghafal perkalian matematika siswa kelas III dengan menggunakan metode pembelajaran Jarimatika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Eksperimental. Dari hasil pretest dan posttest untuk kedua kelas penelitian yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dapat juga dilihat pada lampiran untuk nilai masing-masing kelas penelitian, peningkatan serta perbedaan kelas yang diberikan perlakuan dan tidak diberikan perlakuan yaitu 7,529 > 1,678, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Jarimatika terhadap peningkatan daya ingat menghafal perkalian dengan hasil peningkatan rata-rata yang diperoleh yaitu 42,45% sebelum dilakukan metode pembelajaran Jarimatika, dan 84,85% setelah dilakukan metode pembelajaran Jarimatika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Daya Ingat, Metode Pembelajaran, Jarimatika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:13
Last Modified: 02 Jul 2025 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60553

Actions (login required)

View Item
View Item