PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GRAPHIC ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SDN 22 BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU

Ramadhani, Firda Nafira (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GRAPHIC ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SDN 22 BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111114_Cover.pdf] Text
1203111114_Cover.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 1203111114_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111114_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 1203111114_Abstrak.pdf] Text
1203111114_Abstrak.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 1203111114_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111114_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111114_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111114_Daftar_Isi.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1203111114_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111114_Daftar_Gambar.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 1203111114_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111114_Daftar_Tabel.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 1203111114_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111114_Daftar_Lampiran.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 1203111114_BAB_I.pdf] Text
1203111114_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111114_BAB_V.pdf] Text
1203111114_BAB_V.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 1203111114_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111114_Daftar_Pustaka.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Graphic Organizer terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN 22 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu.Penilitian ini menggunakan jenis penilitian kuantitatif,dengan metode quasi experiment dan menggunakan desain nonequivalent control group design.Sampel penilitian ini adalah siswa kelas IV SDN 22 Bilah Hulu yang berjumlah 28 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 orang.Teknik pengumpulan data ini adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal.Secara deskriptif nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 57,5,lebih kecil dari nilai rata-rata post-test kelas ekperimen sebesar 83,214.Selanjutnya hasil uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel atau 9,959 > 2,007 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 yang berarti HO ditolak Ha diterima .Dengan demikian secara statistik dinyatakan bahwa model pembelajaran Graphic Organizer berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPAS di kelas IV SDN 22 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Graphic Organizer,Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:30
Last Modified: 02 Jul 2025 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60544

Actions (login required)

View Item
View Item