Ramadhani, Firda Nafira (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GRAPHIC ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SDN 22 BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111114_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Cover.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of 1203111114_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (416kB)
![[thumbnail of 1203111114_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Abstrak.pdf
Download (604kB)
![[thumbnail of 1203111114_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111114_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 1203111114_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Daftar_Gambar.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of 1203111114_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Daftar_Tabel.pdf
Download (257kB)
![[thumbnail of 1203111114_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Daftar_Lampiran.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 1203111114_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111114_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_BAB_V.pdf
Download (506kB)
![[thumbnail of 1203111114_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111114_Daftar_Pustaka.pdf
Download (876kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Graphic Organizer terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN 22 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu.Penilitian ini menggunakan jenis penilitian kuantitatif,dengan metode quasi experiment dan menggunakan desain nonequivalent control group design.Sampel penilitian ini adalah siswa kelas IV SDN 22 Bilah Hulu yang berjumlah 28 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 orang.Teknik pengumpulan data ini adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal.Secara deskriptif nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 57,5,lebih kecil dari nilai rata-rata post-test kelas ekperimen sebesar 83,214.Selanjutnya hasil uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel atau 9,959 > 2,007 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 yang berarti HO ditolak Ha diterima .Dengan demikian secara statistik dinyatakan bahwa model pembelajaran Graphic Organizer berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPAS di kelas IV SDN 22 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Graphic Organizer,Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 08:30 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60544 |