ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI BAWAH KKM PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 106811 BANDAR SETIA

YANTI, EZERINA DEVI (2024) ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI BAWAH KKM PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 106811 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111033_Cover.pdf] Text
1201111033_Cover.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 1201111033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1201111033_Abstrak.pdf] Text
1201111033_Abstrak.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 1201111033_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111033_Kata_Pengantar.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 1201111033_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111033_Daftar_Isi.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1201111033_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111033_Daftar_Gambar.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 1201111033_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111033_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1201111033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1201111033_BAB_I.pdf] Text
1201111033_BAB_I.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 1201111033_BAB_V.pdf] Text
1201111033_BAB_V.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 1201111033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS mengenai materi pembelajaran Bab 5 tentang Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh di kelas V SDN 106811 Bandar Setia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 106811 Bandar Setia dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan angket 24 item dengan skala likert, sedangkan teknik analisisnya adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis kebiasaan belajar dengan nilai 59,48% termasuk dalam kategori “sedang” dimana terdapat kebiasaan belajar siswa yang kurang baik, akibatnya dalam proses pembelajaran masih sering dijumpai adanya siswa yang tidak mau bertanya kepada guru saat siswa tidak paham. Hal ini dibuktikan dari nilai kebiasaan belajar siswa di kelas V SDN 106811 Bandar Setia dalam sub variabel Delay Avoidan sebesar 58,21% termasuk dalam kategori sedang dan sub variabel Work Methods dengan nilai persentase 60,76% termasuk dalam kategori tinggi. Sementara pada data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS mengenai materi pembelajaran Bab 5 tentang Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh diperoleh hasil rata-rata 72,32 yang termasuk dalam kategori cukup, artinya hasil belajar yang diperoleh siswa belum sepenuhnya baik hal ini terlihat dari kebiasaan belajar siswa yang masih tergolong kurang baik seperti kurangnya konsentrasi siswa, serta kurangnya kediplinan siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar siswa tergolong sedang terhadap hasil belajar siswa di bawah KKM kelas V SDN 106811 Bandar Setia yang dimana semakin tinggi perolehan angka persentasenya maka semakin kurang baik tingkat kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis Kebiasaan Belajar Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:44
Last Modified: 21 Jul 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60507

Actions (login required)

View Item
View Item