HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VI DI SD TAMANSISWA CABANG BINJAI

TIARA, ELSA (2024) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VI DI SD TAMANSISWA CABANG BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311088_Cover.pdf] Text
1193311088_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1193311088_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311088_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1193311088_Abstrak.pdf] Text
1193311088_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193311088_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311088_Kata_Pengantar.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1193311088_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311088_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1193311088_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311088_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311088_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311088_Daftar_Lampiran.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1193311088_BAB_I.pdf] Text
1193311088_BAB_I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 1193311088_BAB_V.pdf] Text
1193311088_BAB_V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1193311088_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311088_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

Di SD Tamansiswa Cabang Binjai, peneliti menemukan bahwa masih terdapat
guru yang kurang mampu dalam mengelola kelas dengan baik. Sehingga,
berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada
atau tidaknya hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar tematik pada ranah
kognitif siswa kelas VI pada tema 6 sub tema 3 pembelajaran 1 di SD
Tamansiswa Cabang Binjai. Untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan
metode penelitian koreasional dan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan
menggunakan teknik total sampling dimana terdapat 8 laki-laki dan 14
perempuan. Data dalam penelitian ini dieksplorasi melalui kuisioner, dokumentasi
dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 siswa, 31,85%
memiliki pengelolaan kelas yang tinggi, 50% sedang, dan 18,2% rendah. Hasil
belajar tematik menunjukkan bahwa 0% siswa memiliki hasil sangat baik, 13,6%
baik, 31,8% cukup, dan 54,6% kurang baik. Uji korelasi product moment
menunjukkan adanya hubungan positif antara pengelolaan kelas dan hasil belajar
tematik siswa kelas VI pada tema 6 sub tema 3 pembelajaran 1 di SD Tamansiswa
Cabang Binjai dengan koefisien korelasi pearson sebesar 0,9039 sehingga dapat
disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima. Nilai korelasi product
moment yang positif menunjukkan bahwa semakin baik pengelolaan kelas,
semakin baik pula hasil belajar tematik siswa, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Siswa, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:47
Last Modified: 21 Jul 2025 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60472

Actions (login required)

View Item
View Item