PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELASV SD NEGERI 060877 MEDAN PERJUANGAN T.A 2024/2025

LUBIS, ELFIAN Z. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELASV SD NEGERI 060877 MEDAN PERJUANGAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111068_Cover.pdf] Text
1203111068_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111068_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111068_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 1203111068_Abstrak.pdf] Text
1203111068_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 1203111068_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111068_Kata_Pengantar.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of 1203111068_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111068_Daftar_Isi.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203111068_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111068_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203111068_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111068_Daftar_Tabel.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1203111068_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111068_Daftar_Lampiran.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1203111068_BAB_I.pdf] Text
1203111068_BAB_I.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 1203111068_BAB_V.pdf] Text
1203111068_BAB_V.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1203111068_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111068_Daftar_Pustaka.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran matematika realistik (RME) pada pelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Penelitian ini dilakukan dilakukan di SD Negeri 060877 Medan Perjuangan pada semester ganjil T.A 2024/ 2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang terdiri dua kelas, yaitu kelas �� sebagai kelas kontrol sebanyak 24 orang dan kelas �� sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan instrumen non tes berupa observasi dan wawancawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika realistik (RME) memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan melalui hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa �0 ditolak dan �� diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Matematika Realistik (RME), Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:48
Last Modified: 21 Jul 2025 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60460

Actions (login required)

View Item
View Item