PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI PECAHAN DI SDN 153041 SIGODUNG

PADANG, DIDENICKRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI PECAHAN DI SDN 153041 SIGODUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311086_Cover.pdf] Text
1203311086_Cover.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 1203311086_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311086_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311086_Abstrak.pdf] Text
1203311086_Abstrak.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1203311086_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311086_Kata_Pengantar.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 1203311086_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311086_Daftar_Isi.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 1203311086_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311086_Daftar_Gambar.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 1203311086_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311086_Daftar_Tabel.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1203311086_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311086_Daftar_Lampiran.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1203311086_BAB_I.pdf] Text
1203311086_BAB_I.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of 1203311086_BAB_V.pdf] Text
1203311086_BAB_V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1203311086_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311086_Daftar_Pustaka.pdf

Download (544kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing dan untuk mengetahui adakah pengaruh yang lebih tinggi dari model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan di SDN 153041 Sigodung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan quasy eskperimental design. Sampel penelitian penelitian sebanyak 40 siswa dengan 20 siswa dari kelas IV A dan 20 siswa dari kelas IV B. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa tes. Nilai rata-rata pre-test pada kelas IV A adalah 63 dan nilai post-test adalah 81,25 sedangkan, nilai rata-rata pre-test pada kelas IV B adalah 51 dan nilai post-test adalah 66,15. Ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian penggunaan mode pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil uji t-test di atas, nilai Sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,001 < 0,05. Dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi atau lebih unggul dari pada menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada kelas IV SDN 153041 Sigodung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Solving, Problem Posing, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:50
Last Modified: 21 Jul 2025 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60408

Actions (login required)

View Item
View Item