SAMOSIR, DEWI HAIZAH (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELASV SDN 104202 BANDAR SETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202411013_Cover.pdf
Download (68kB)
1202411013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1202411013_Abstrak.pdf
Download (130kB)
1202411013_Kata_Pengantar.pdf
Download (230kB)
1202411013_Daftar_Isi.pdf
Download (205kB)
1202411013_Daftar_Tabel.pdf
Download (135kB)
1202411013_Daftar_Gambar.pdf
Download (120kB)
1202411013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
1202411013_BAB_I.pdf
Download (407kB)
1202411013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202411013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (657kB)
1202411013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1202411013_BAB_V.pdf
Download (228kB)
1202411013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (168kB)
1202411013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan buku ajar matematika materi pecahan berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar matematika materi pecahan berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk memperoleh kevalitan buku ajar dilakukan dengan validasi terhadap tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli kepraktisan pendidikan. Dari hasil validasi yang dilakukan menunjukkan buku ajar ini adalah valid. Terbukti presentase rata-rata dari hasil validasi materi menunjukkan 80% menyatakan valid, hasil validasi media 93,3% menyatakan valid dan hasil validasi kepraktisan 96% menyatakan valid. Untuk proses keefektifan yang diukur adalah hasil belajar yaitu pre test dan post test dengan menggunakan rumus N-gain dengan skor rata-rata 0,65 berada dalam kategori keefektifan sedang. Sehingga media pembelajaran ini memenuhi kriteria kevalitan, kepraktisan, dan keefektifan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, Buku Ajar, Matematika, Pecahan, Problem Based Learning |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:52 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 03:44 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60403 |
