PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELASV SDN 104202 BANDAR SETIA T.A 2023/2024

SAMOSIR, DEWI HAIZAH (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELASV SDN 104202 BANDAR SETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411013_Cover.pdf] Text
1202411013_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1202411013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202411013_Abstrak.pdf] Text
1202411013_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1202411013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411013_Kata_Pengantar.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1202411013_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411013_Daftar_Isi.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1202411013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411013_Daftar_Gambar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1202411013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411013_Daftar_Tabel.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 1202411013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 1202411013_BAB_I.pdf] Text
1202411013_BAB_I.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 1202411013_BAB_V.pdf] Text
1202411013_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1202411013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (168kB)

Abstract

Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan buku ajar matematika materi pecahan berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar matematika materi pecahan berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk memperoleh kevalitan buku ajar dilakukan dengan validasi terhadap tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli kepraktisan pendidikan. Dari hasil validasi yang dilakukan menunjukkan buku ajar ini adalah valid. Terbukti presentase rata-rata dari hasil validasi materi menunjukkan 80% menyatakan valid, hasil validasi media 93,3% menyatakan valid dan hasil validasi kepraktisan 96% menyatakan valid. Untuk proses keefektifan yang diukur adalah hasil belajar yaitu pre test dan post test dengan menggunakan rumus N-gain dengan skor rata-rata 0,65 berada dalam kategori keefektifan sedang. Sehingga media pembelajaran ini memenuhi kriteria kevalitan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Buku Ajar, Matematika, Pecahan, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:52
Last Modified: 21 Jul 2025 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60403

Actions (login required)

View Item
View Item