PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 5 TALANG MUANDAU T.A 2023/2024

LISTARI, DESI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 5 TALANG MUANDAU T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411021_Cover.pdf] Text
1202411021_Cover.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 1202411021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 1202411021_Abstrak.pdf] Text
1202411021_Abstrak.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1202411021_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411021_Kata_Pengantar.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1202411021_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411021_Daftar_Isi.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1202411021_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411021_Daftar_Gambar.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 1202411021_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411021_Daftar_Tabel.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1202411021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 1202411021_BAB_I.pdf] Text
1202411021_BAB_I.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 1202411021_BAB_V.pdf] Text
1202411021_BAB_V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1202411021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggis siswa kelas IV SDN 5 Talang Muandau T.A 2023/2024. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV di SDN 5 Talang Muandau pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 45 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Oleh karena itu, sampel dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas IV di SDN 5 Talang Muandau Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 45 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dalam pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Hasil uji normalitas soal Pretest kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung (0,130) < Ltabel (0,180), uji normalitas soal Postest kelas eksperimen diperoleh nilai nilai Lhitung (0,110) < Ltabel (0,180) maka dapat dinyatakan data berdistribusi normal. Hasil uji normalitas soal pretes kelas kontrol diperoleh nilai nilai Lhitung (0,119) < Ltabel (0,190), uji normalitas soal postes kelas kontrol diperoleh Lhitung (0,148) < Ltabel (0,190) maka dapat dinyatakan data berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas soal pretes memperoleh nilai Fhitung (1,480) < Ftabel ((1,369) < Ftabel (2,114) maka kedua data tersebut bersifat homogen. Kemudian dalam uji hipotesis diperoleh nilai t hitung (5,5192) > t tabel (2,0166), dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas IV SDN 5 Talang Muandau T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Induktif Kata Bergambar, Kosakata, Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:52
Last Modified: 21 Jul 2025 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60385

Actions (login required)

View Item
View Item