ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULIS CERITA MATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 173601 ONAN BORBOR T.A 2023/2024

PASARIBU, DANIEL (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULIS CERITA MATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 173601 ONAN BORBOR T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311007_Cover.pdf] Text
1203311007_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 1203311007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of 1203311007_Abstrak.pdf] Text
1203311007_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1203311007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311007_Kata_Pengantar.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1203311007_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311007_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1203311007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311007_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1203311007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311007_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203311007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203311007_BAB_I.pdf] Text
1203311007_BAB_I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1203311007_BAB_V.pdf] Text
1203311007_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 1203311007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menulis cerita mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 173601 Onan Borbor. Objek dalam penelitian ini yaitu guru wali kelas IV. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 173601 Onan Borbor yang terdiri dari 18 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes menulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini didapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 68 termasuk dalam kategori kurang. Siswa yang memperoleh nilai yang termasuk kategori kurang sebanyak 12 siswa dengan rentang skor 60-69, selanjutnya 4 siswa yang memperoleh nilai kategori cukup dengan skor 70-79, dan 1 siswa yang memperoleh nilai baik dengan skor 80-89 dan 1 siswa memperoleh nilai sangat baik dengan skor 90-100. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan siswa dalam menulis cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih tergolong kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesulitan Siswa, Menulis Cerita, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:55
Last Modified: 21 Jul 2025 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60365

Actions (login required)

View Item
View Item