PASARIBU, DANIEL (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULIS CERITA MATA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 173601 ONAN BORBOR T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311007_Cover.pdf
Download (47kB)
1203311007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (794kB)
1203311007_Abstrak.pdf
Download (62kB)
1203311007_Kata_Pengantar.pdf
Download (269kB)
1203311007_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
1203311007_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
1203311007_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
1203311007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1203311007_BAB_I.pdf
Download (182kB)
1203311007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (556kB)
1203311007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (375kB)
1203311007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (932kB)
1203311007_BAB_V.pdf
Download (90kB)
1203311007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (254kB)
1203311007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menulis cerita mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 173601 Onan Borbor. Objek dalam penelitian ini yaitu guru wali kelas IV. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 173601 Onan Borbor yang terdiri dari 18 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes menulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini didapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 68 termasuk dalam kategori kurang. Siswa yang memperoleh nilai yang termasuk kategori kurang sebanyak 12 siswa dengan rentang skor 60-69, selanjutnya 4 siswa yang memperoleh nilai kategori cukup dengan skor 70-79, dan 1 siswa yang memperoleh nilai baik dengan skor 80-89 dan 1 siswa memperoleh nilai sangat baik dengan skor 90-100. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan siswa dalam menulis cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih tergolong kurang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kesulitan Siswa, Menulis Cerita, Pembelajaran Bahasa Indonesia. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:55 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 02:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60365 |
