PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 DI KELAS VI SDN 3 SARIMARRIHIT

SAGALA, CITRA SASKIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 DI KELAS VI SDN 3 SARIMARRIHIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193111067_Cover.pdf] Text
1193111067_Cover.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1193111067_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111067_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of 1193111067_Abstrak.pdf] Text
1193111067_Abstrak.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1193111067_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111067_Kata_Pengantar.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 1193111067_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111067_Daftar_Isi.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 1193111067_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111067_Daftar_Gambar.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1193111067_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111067_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1193111067_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111067_Daftar_Lampiran.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1193111067_BAB_I.pdf] Text
1193111067_BAB_I.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 1193111067_BAB_V.pdf] Text
1193111067_BAB_V.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1193111067_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111067_Daftar_Pustaka.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media tiga dimensi dengan metode demonstrasi pada tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 di kelas VI SD Negeri 3 Sarimarrihit. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurang lengkapnya media pembelajaran yang tersedia pada sekolah sehingga peserta didik sulit memahami materi pembelajaran dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI dan objek penelitian ini adalah media pembelajaran Tiga dimensi. Hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh persentase 88% kategori “Sangat Layak” dan validasi media oleh ahli media memperoleh persentase 83% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 98% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas media melalui pretest memperoleh rata-rata 57,6 dengan persentase ketuntasan 29,4% kategori “Tidak Efektif” sedangkan pada posttest memperoleh rata-rata 84,7 dengan persentase ketuntasan 100% kategori “Sangat Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tiga dimensi yang dikembangkan sudah layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Pengembangan, Tiga Dimensi, Tema 8 Subtema 3
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:56
Last Modified: 21 Jul 2025 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60360

Actions (login required)

View Item
View Item