PENGETAHUAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI 105272 PURWODADI T.A 2023/2024

MANULLANG, CINDY THERESIA (2024) PENGETAHUAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS KELAS IV SD NEGERI 105272 PURWODADI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111056_Cover.pdf] Text
1203111056_Cover.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 1203111056_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111056_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (934kB)
[thumbnail of 1203111056_Abstrak.pdf] Text
1203111056_Abstrak.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1203111056_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111056_Kata_Pengantar.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1203111056_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111056_Daftar_Isi.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203111056_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111056_Daftar_Gambar.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 1203111056_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111056_Daftar_Tabel.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1203111056_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111056_Daftar_Lampiran.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1203111056_BAB_I.pdf] Text
1203111056_BAB_I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 1203111056_BAB_V.pdf] Text
1203111056_BAB_V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1203111056_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111056_Daftar_Pustaka.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Role
Playing terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Populasi Penelitian ini
kelas IV SDN 105272 Purwodadi dengan sampel terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVA
dan IV-B sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasi
eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Hasil dari
analisis data menggunakan uji-t dan hasil yang diperoleh ada beberapa hal yang
menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Uji normalitas lilliefors didapat
lhitung = 0,0883 sedangkan dari daftar uji liliefors pada taraf nyata α = 0,05 maka
ltabel = 0,195, sehingga lhitung<ltabel (0,0883<0,195) yang berarti data berdistribusi
normal. (2) Uji homogenitas diperoleh fhitung<ftabel (1,145 < 2,302) artinya varians
berasal dari berdistribusi yang homogen. (3) Uji hipotesis diperoleh thitung =3,299
dan ttabel=1,63. Kriteria pengujian adalah H0 diterima jika thitung<ttabel. Dari hipotesis
diperoleh thitung>ttabel atau 3,299>1,63, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima,
berarti ada pengaruh yang posistif dan signifikan. Sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa adanya pengaruh Role Playing terhadap kemampuan Berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Role Playing, Kemampuan Berbicara, Bahasa Inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:59
Last Modified: 21 Jul 2025 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60353

Actions (login required)

View Item
View Item