PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDS GALILEA HOSANA MEDAN T.A 2023/2024

TOBING, CINDY DEVINA BR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDS GALILEA HOSANA MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111076_Cover.pdf] Text
1203111076_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1203111076_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111076_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 1203111076_Abstrak.pdf] Text
1203111076_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1203111076_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111076_Kata_Pengantar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203111076_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111076_Daftar_Isi.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1203111076_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111076_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203111076_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111076_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203111076_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111076_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203111076_BAB_I.pdf] Text
1203111076_BAB_I.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 1203111076_BAB_V.pdf] Text
1203111076_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203111076_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111076_Daftar_Pustaka.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat
pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada pelajaran
IPAS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDS Galilea Hosana
Medan. Penelitian ini dilakukan di SDS Galilea Hosana Medan pada semester
genap T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Penelitian ini
menggunakan dua sampel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV-A sebagai
kelas kontrol sebanyak 20 orang dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen
sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan berganda
untuk mengukur hasil belajar siswa dan instrumen non tes berupa pretest dan
posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe time token memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPAS
siswa yang ditunjukkan melalui hasil analisis hipotesis uji Uji T-Test Post Test
untuk kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai
ttabel (5,061 > 2,021) dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar
daripada nilai ttabel (5,056 > 2,022). Dengan demikian, nilai thitung berada di dalam
daerah kritis untuk menolak hipotesis nol (HO), yang mengindikasikan bahwa HO
benar-benar ditolak. Dan hasil uji t yang dilakukan pada data posttest
menunjukkan adanya perbedaan yang nyata dalam hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS kelas IV SDS Galilea Hosana Medan melalui model pembelajaran
Tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Time Token, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:00
Last Modified: 21 Jul 2025 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60349

Actions (login required)

View Item
View Item