SINAGA, CHRISTINA CAHAYA MUTIARA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS BAB 8 KELAS IV SDN 060898 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201111049_Cover.pdf
Download (224kB)
1201111049_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (986kB)
1201111049_Abstrak.pdf
Download (325kB)
1201111049_Kata_Pengantar.pdf
Download (440kB)
1201111049_Daftar_Isi.pdf
Download (272kB)
1201111049_Daftar_Tabel.pdf
Download (184kB)
1201111049_Daftar_Gambar.pdf
Download (182kB)
1201111049_Daftar_Lampiran.pdf
Download (183kB)
1201111049_BAB_I.pdf
Download (466kB)
1201111049_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (718kB)
1201111049_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (597kB)
1201111049_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (660kB)
1201111049_BAB_V.pdf
Download (296kB)
1201111049_Daftar_Pustaka.pdf
Download (270kB)
1201111049_Lampiran.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and
Give terhadap keterampilan berdiskusi siswa pada pembelajaran IPAS Bab 8 kelas
IV di SD Negeri 060898 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental. Adapun
subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060898
Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan
random sampling sebanyak 22 siswa kelas IVA dan 22 siswa kelas IVB SD Negeri
060898 Medan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Take and Give terhadap keterampilan berdiskusi siswa pada
pembelajaran IPAS bab 8 kelas IV SD Negeri 060898 Medan. Hal ini dapat dilihat
dari rata-rata posttest keterampilan berdiskusi siswa kelas eksperimen lebih tinggi
dari kelas kontrol yaitu 37,9 > 29,7 dan dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan
peneliti berdasarkan dari hasil perbandingan �ℎ����� dengan ������ yaitu 16,164 >
1,682 dengan taraf signifikan 5% yang menyebabkan Ha diterima dan Ho ditolak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran, Take and Give, Keterampilan Berdiskusi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:00 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 06:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60342 |
