PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS BAB 8 KELAS IV SDN 060898 MEDAN T.A 2023/2024

SINAGA, CHRISTINA CAHAYA MUTIARA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS BAB 8 KELAS IV SDN 060898 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111049_Cover.pdf] Text
1201111049_Cover.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1201111049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (986kB)
[thumbnail of 1201111049_Abstrak.pdf] Text
1201111049_Abstrak.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 1201111049_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111049_Kata_Pengantar.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 1201111049_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111049_Daftar_Isi.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 1201111049_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111049_Daftar_Gambar.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1201111049_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111049_Daftar_Tabel.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 1201111049_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111049_Daftar_Lampiran.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1201111049_BAB_I.pdf] Text
1201111049_BAB_I.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 1201111049_BAB_V.pdf] Text
1201111049_BAB_V.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 1201111049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and
Give terhadap keterampilan berdiskusi siswa pada pembelajaran IPAS Bab 8 kelas
IV di SD Negeri 060898 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental. Adapun
subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060898
Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan
random sampling sebanyak 22 siswa kelas IVA dan 22 siswa kelas IVB SD Negeri
060898 Medan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Take and Give terhadap keterampilan berdiskusi siswa pada
pembelajaran IPAS bab 8 kelas IV SD Negeri 060898 Medan. Hal ini dapat dilihat
dari rata-rata posttest keterampilan berdiskusi siswa kelas eksperimen lebih tinggi
dari kelas kontrol yaitu 37,9 > 29,7 dan dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan
peneliti berdasarkan dari hasil perbandingan �ℎ����� dengan ������ yaitu 16,164 >
1,682 dengan taraf signifikan 5% yang menyebabkan Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Take and Give, Keterampilan Berdiskusi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:00
Last Modified: 21 Jul 2025 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60342

Actions (login required)

View Item
View Item