PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DESKRIPSI PADA SISWA DI KELAS V SDN 091688 GUNUNG BAYU TAHUN AJARAN 2023/2024

ANWAR, CHAIRUL (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DESKRIPSI PADA SISWA DI KELAS V SDN 091688 GUNUNG BAYU TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311158_Cover.pdf] Text
1193311158_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1193311158_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311158_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 1193311158_Abstrak.pdf] Text
1193311158_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1193311158_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311158_Kata_Pengantar.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1193311158_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311158_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1193311158_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311158_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193311158_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311158_Daftar_Tabel.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1193311158_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311158_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311158_BAB_I.pdf] Text
1193311158_BAB_I.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 1193311158_BAB_V.pdf] Text
1193311158_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193311158_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311158_Daftar_Pustaka.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran ICM berdampak pada keterampilan membaca teks Deskripsi siswa
kelas V Gunung Bayu SDN 091688 pada tahun pembelajaran 2023/2024. Sampel
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 091688 Gunung Bayu yang
berjumlah 80 siswa yang akan ditempatkan dalam 2 kelompok yang berbeda yaitu
40 siswa di kelompok eksperimen dan 40 siswa lagi di kelompok kontrol. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang berjenis quasi
eksperimen desain. Tes keterampilan membaca teks digunakan dalam
mengumpulkan data. Teknik analisis data penelitian digunakan rumus t tes. Hasil
pengujian hipotesis membuktikan bahwa thitung yaitu 2,469 dimana nilai t tabel
adalah 1,683 maka diperoleh t hitung .> ttabel atau 2,469 >1,683 sehingga dapat di
simpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Temuan penelitian menunjukkan
bahwa implementasi model pembelajaran ICM dapat mempengaruhi keterampilan
membaca teks deskripsi siswa kelas V SDN 091688 Gunung Bayu Tahun
Pembelajaran 2023/2024 dengan baik dan memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model ICM, Model Ceramah, Kuasi Eksperimen Desain, Keterampilan Membaca Teks Deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:01
Last Modified: 21 Jul 2025 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60328

Actions (login required)

View Item
View Item