LUBIS, CAHAYA PUTRI RAMADHANI (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 102040 SEI BAMBAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311075_Cover.pdf
Download (126kB)
1203311075_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (564kB)
1203311075_Abstrak.pdf
Download (210kB)
1203311075_Kata_Pengantar.pdf
Download (316kB)
1203311075_Daftar_Isi.pdf
Download (317kB)
1203311075_Daftar_Tabel.pdf
Download (317kB)
1203311075_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
1203311075_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
1203311075_BAB_I.pdf
Download (286kB)
1203311075_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
1203311075_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311075_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1203311075_BAB_V.pdf
Download (209kB)
1203311075_Daftar_Pustaka.pdf
Download (245kB)
1203311075_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKPD berbasis PjBL pada materi harmoni dalam ekosistem kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 102040 Sei Bamban. Instrument pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi, angket respon guru serta lembar tes siswa. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah produk yang dikembangkan pada tahap validasi materi mendapatkan nilai sebesar 90% dan dinyatakan sangat valid. Validasi media mendapatkan nilai sebesar 93% dan dinyatakan sangat valid. Hasil uji keefektifan dari LKPD berbasis PjBL ini mendapatkan nilai 78,9% dan dinyatakan efektif. Uji kepraktisan guru mendapatkan nilai sebesar 93,3% dan dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan ini telah valid, efektif dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), PjBL (Project Based Learning) |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:01 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 04:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60322 |
