PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 102040 SEI BAMBAN T.A 2023/2024

LUBIS, CAHAYA PUTRI RAMADHANI (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 102040 SEI BAMBAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311075_Cover.pdf] Text
1203311075_Cover.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1203311075_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311075_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of 1203311075_Abstrak.pdf] Text
1203311075_Abstrak.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1203311075_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311075_Kata_Pengantar.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 1203311075_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311075_Daftar_Isi.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 1203311075_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311075_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1203311075_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311075_Daftar_Tabel.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 1203311075_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311075_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1203311075_BAB_I.pdf] Text
1203311075_BAB_I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 1203311075_BAB_V.pdf] Text
1203311075_BAB_V.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1203311075_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311075_Daftar_Pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKPD berbasis PjBL pada materi harmoni dalam ekosistem kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 102040 Sei Bamban. Instrument pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi, angket respon guru serta lembar tes siswa. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah produk yang dikembangkan pada tahap validasi materi mendapatkan nilai sebesar 90% dan dinyatakan sangat valid. Validasi media mendapatkan nilai sebesar 93% dan dinyatakan sangat valid. Hasil uji keefektifan dari LKPD berbasis PjBL ini mendapatkan nilai 78,9% dan dinyatakan efektif. Uji kepraktisan guru mendapatkan nilai sebesar 93,3% dan dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan ini telah valid, efektif dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), PjBL (Project Based Learning)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:01
Last Modified: 21 Jul 2025 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60322

Actions (login required)

View Item
View Item