PENGEMBANGAN MEDIA SMARTBOX BERBASIS MODEL TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 112312 SIMPANG EMPAT

APRIANI, BELLA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SMARTBOX BERBASIS MODEL TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 112312 SIMPANG EMPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411009_Cover.pdf] Text
1202411009_Cover.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 1202411009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202411009_Abstrak.pdf] Text
1202411009_Abstrak.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 1202411009_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411009_Kata_Pengantar.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 1202411009_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411009_Daftar_Isi.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 1202411009_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411009_Daftar_Gambar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1202411009_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411009_Daftar_Tabel.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 1202411009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 1202411009_BAB_I.pdf] Text
1202411009_BAB_I.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 1202411009_BAB_V.pdf] Text
1202411009_BAB_V.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 1202411009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Smartbox berbasis model two stay two stray yang valid, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 112312 Simpang Empat yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1). Menghasilkan media pembelajaran Smartbox pada materi aku dan kebutuanku di kelas IV. 2). Hasil validasi dari ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 92,5 % termasuk dalam kategori sangat layak. Validasi dari ahli materi menunjukkan persentase kelayakan 96 %, juga termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian dari praktisi pembelajaran diperoleh persentase kelayakan dengan persentasi 96%, yang tergolong juga dalam kategori sangat praktis. 3). Hasil uji coba lapangan media efektif, terbukti hasil pre-test dan post-test yang meningkat dari rata-rata nilai 64 menjadi rata-rata 91. Kemudian, diperoleh nilai skor N-Gain yaitu 0,75 yang termasuk kriteria “Efektif”. Kategori tafsiran efektifitas media pembelajaran Smarbox yaitu 75% yang dikategorikan “Efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media, Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:02
Last Modified: 21 Jul 2025 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60311

Actions (login required)

View Item
View Item