PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA PADA TOPIK INDONESIAKU KAYA ALAMNYA DI KELAS V SDN 028289 BINJAI

TIRANA, BELLA VASCHA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA PADA TOPIK INDONESIAKU KAYA ALAMNYA DI KELAS V SDN 028289 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111003_Cover.pdf] Text
1202111003_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1202111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 1202111003_Abstrak.pdf] Text
1202111003_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1202111003_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111003_Kata_Pengantar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1202111003_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111003_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1202111003_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111003_Daftar_Gambar.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 1202111003_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111003_Daftar_Tabel.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1202111003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1202111003_BAB_I.pdf] Text
1202111003_BAB_I.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 1202111003_BAB_V.pdf] Text
1202111003_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1202111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada pelajaran IPAS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 028289 Binjai. Penelitian ini dilakukan di SDN 028289 Binjai pada semester genap T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-C sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan instrumen non tes berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa yang ditunjukkan melalui hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, IPAS, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:02
Last Modified: 21 Jul 2025 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60306

Actions (login required)

View Item
View Item