PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 106812 BANDAR KLIPPA T.A.2023/2024

NASUTION, AULIA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 106812 BANDAR KLIPPA T.A.2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111016_Cover.pdf] Text
1202111016_Cover.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1202111016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202111016_Abstrak.pdf] Text
1202111016_Abstrak.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 1202111016_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111016_Kata_Pengantar.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1202111016_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111016_Daftar_Isi.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 1202111016_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111016_Daftar_Gambar.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1202111016_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111016_Daftar_Tabel.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 1202111016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1202111016_BAB_I.pdf] Text
1202111016_BAB_I.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of 1202111016_BAB_V.pdf] Text
1202111016_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1202111016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 106812 Bandar Klippa tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimental research. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu siswa kelas IV-b dan kelas IV-c. Masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas pretes posttest kelas kontrol dan eksperimen mendapatkan hasil nilai p > 0,05 sehingga data bersifat homogen. Kemudian uji hipotesis dengan kriteria pengujian H0 Sig <0,05 mendapatkan hasil nilai sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan Hɑ diterima sehingga disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa IPAS kelas IV SD Negeri 106812 Bandar Klippa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Gambar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:03
Last Modified: 21 Jul 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60289

Actions (login required)

View Item
View Item