PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 101884 LIMAU MANIS T.A. 2023/2024

FAUZIAH, ATIKA RAHMA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 101884 LIMAU MANIS T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111162_Cover.pdf] Text
1203111162_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 1203111162_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111162_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 1203111162_Abstrak.pdf] Text
1203111162_Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1203111162_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111162_Kata_Pengantar.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 1203111162_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111162_Daftar_Isi.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1203111162_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111162_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1203111162_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111162_Daftar_Tabel.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1203111162_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111162_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203111162_BAB_I.pdf] Text
1203111162_BAB_I.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1203111162_BAB_V.pdf] Text
1203111162_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203111162_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111162_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang belum berfokus
pada peserta didik dan pendidik belum pernah menggunakan media pembelajaran
interaktif berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk
berupa media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire yang layak, praktis,
dan efektif digunakan pada pembelajaran IPAS Bab 7 Topik B Kondisi
Perekonomian di Daerahku. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara, angket, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V-B SDN 101884
Limau Manis menggunakan metode penelitian research and development dengan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation). Hasil angket validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase
kelayakan sebesar 86,67% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil angket validasi
oleh ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 80% dengan kriteria
“layak” pada tahap pertama dan kemudian mendapatkan persentase kelayakan
sebesar 84% dengan kriteria “sangat layak” pada tahap kedua. Hasil angket respon
mendapatkan persentase kepraktisan 95,38% dengan kriteria “sangat praktis” oleh
pendidik dan 95,42% dengan kriteria “sangat praktis” oleh peserta didik. Hasil tes
mendapatkan persentase ketuntasan belajar 87,5% dengan kriteria “sangat efektif”.
Terjadi peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai rata-rata n-gain sebesar 0,65
dengan kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil temuan tersebut diketahui bahwa
media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire yang dikembangkan sangat
layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran
IPAS di kelas V-B SDN 101884 Limau Manis khususnya pada Bab 7 Topik B
Kondisi Perekonomian di Daerahku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Lectora Inspire, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:03
Last Modified: 21 Jul 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60285

Actions (login required)

View Item
View Item