HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR JAM SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR WRITING SISWA/I SEKOLAH DASAR NEGERI 104269 PINTU BESI

TINDAON, ARIANTI FRANSISKA BR (2024) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR JAM SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR WRITING SISWA/I SEKOLAH DASAR NEGERI 104269 PINTU BESI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111141_Cover.pdf] Text
1203111141_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1203111141_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111141_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of 1203111141_Abstrak.pdf] Text
1203111141_Abstrak.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203111141_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111141_Kata_Pengantar.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1203111141_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111141_Daftar_Isi.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1203111141_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111141_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 1203111141_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111141_Daftar_Tabel.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111141_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111141_Daftar_Lampiran.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1203111141_BAB_I.pdf] Text
1203111141_BAB_I.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 1203111141_BAB_V.pdf] Text
1203111141_BAB_V.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 1203111141_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111141_Daftar_Pustaka.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah adanya hubungan bimbingan belajar di luar jam sekolah oleh siswa SDN 104269 Pintu Besi terhadap hasil belajar writing dalam pelajaran Bahasa Inggris T.A 2023/2024. Populasi penelitian terdiri warga Sekolah Dasar Negeri 104269 Pintu Besi yang berjumlah 71 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang yang merupakan siswa yang memanfaatkan bimbingan belajar di luar jam sekolah yang diambil menggunakan proportional sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner angket bimbingan belajar di luar jam sekolah, seterusnya data di analisis dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai korelasi menunjukkan angka 0,722 dengan sig 0,00<0,05. Jika dilihat berdasarkan teori, interpretasi dapat dilihat dari perolehan rhitung > rtabel yang diperoleh adalah N = 25 dengan signitikansi 0,05 yaitu 0,396. Hasil menunjukkan bahwa 0,722>0,396 dengan sig 0,00<0,05. Maka, dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara bimbingan belajar di luar jam sekolah dengan hasil belajar dengan arah positif yang artinya apabila variabel bimbingan belajar di luar jam sekolah meningkat, maka hasil belajar writing siswa juga mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Belajar di Luar Jam Sekolah, Hasil Belajar Writing Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:04
Last Modified: 21 Jul 2025 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60275

Actions (login required)

View Item
View Item