ARTIKA, ARBIATI (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V DI MIS AL IKHLASIAH MEDAN SUNGGAL T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201111022_Cover.pdf
Download (125kB)
1201111022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (576kB)
1201111022_Abstrak.pdf
Download (123kB)
1201111022_Kata_Pengantar.pdf
Download (152kB)
1201111022_Daftar_Isi.pdf
Download (207kB)
1201111022_Daftar_Tabel.pdf
Download (56kB)
1201111022_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
1201111022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
1201111022_BAB_I.pdf
Download (306kB)
1201111022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (794kB)
1201111022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (571kB)
1201111022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (988kB)
1201111022_BAB_V.pdf
Download (117kB)
1201111022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (156kB)
1201111022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orangtua terhadap disiplin belajar siswa kelas V di MIS Al Ikhlasiah Medan Sunggal T.A. 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metodologi penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIS Al Ikhlasiah Medan Sunggal T.A 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-A dan V-B dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang diambil dari keseluruhan anggota populasi yaitu kelas V-A dan kelas V-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan uji coba instrument, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,324. Kedua variabel independen, Motivasi Belajar (X1) dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua (X2), menjelaskan 32,4% dari variasi variabel dependen, yaitu kedisiplinan belajar siswa. Sisanya, 67,6% variasi disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung > Ftabel dan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,5. Dikarenakan Fhitung > Ftabel maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Disiplin Belajar siswa kelas V di MIS Al-Ikhlasiah Medan Sunggal” dinyatakan diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi, Disiplin Belajar Siswa. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:04 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 02:12 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60262 |
