ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDN 107417 TANJUNG MORAWA T.A 2023/2024

NAZLI, ANNISA LISTIA (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDN 107417 TANJUNG MORAWA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311089_Cover.pdf] Text
1193311089_Cover.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1193311089_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311089_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 1193311089_Abstrak.pdf] Text
1193311089_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193311089_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311089_Kata_Pengantar.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1193311089_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311089_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1193311089_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311089_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193311089_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311089_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311089_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311089_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311089_BAB_I.pdf] Text
1193311089_BAB_I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 1193311089_BAB_V.pdf] Text
1193311089_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193311089_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311089_Daftar_Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kesulitan belajar siswa
pada pembelajaran tematik dan faktor yang mempengaruhinya pada siswa kelas V
SDN 107417 SDN Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan yaitu
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan triangulasi
tekhnik, di mana sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas IV. Hasil
penelitian mengungkapkan bahwa siswa kelas V SDN 107417 Tanjung Morawa
kerap menunjukan sikap kurang wajar (social). Siswa hanya fokus pada
bagaimana konsep dapat dikuasai, tetapi mengabaikan cara apa yang digunakan.
Akan tetapi, karena terlalu banyak konsep yang ada dalam pembelajaran tematik,
sering kali siswa menganggap bahwa tematik adalah pembelajaran yang sulit
untuk dipelajari. Pencapaian akademik siswa rendah (Academic). Kesulitan
membuat pemahaman baru (Metacognition). Siswa sulit menafsirkan apa yang
dirasakan, didengar, dan dilihat (Perception). Siswa kurang perhatian dan kurang
focus dalam belajar(Attention). Sulit untuk mengingat materi
pembelajaran(Memory). sering melakukan aktivitas belajar multisensori dalam
pembelajaran tematik. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhinya yaitu
kurangnya perhatian dalam belajar (konsentrasi), kurangnya partisipasi dan
respons siswa saat pembelajaran (reaksi), lambatnya siswa dalam memahami
materi (pemahaman) dan nilai ulangan yang tidak tuntas (ulangan). Faktor
eksternal yang mempengaruhinya yaitu pengaruh teman di lingkungan masyarakat
(lingkungan sosial masyarakat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesulitan Belajar Siswa, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:05
Last Modified: 21 Jul 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60254

Actions (login required)

View Item
View Item