NAZLI, ANNISA LISTIA (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V SDN 107417 TANJUNG MORAWA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1193311089_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Cover.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 1193311089_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of 1193311089_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Abstrak.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 1193311089_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Kata_Pengantar.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 1193311089_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
![[thumbnail of 1193311089_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1193311089_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1193311089_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1193311089_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_BAB_I.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 1193311089_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_BAB_V.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 1193311089_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311089_Daftar_Pustaka.pdf
Download (141kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kesulitan belajar siswa
pada pembelajaran tematik dan faktor yang mempengaruhinya pada siswa kelas V
SDN 107417 SDN Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan yaitu
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan triangulasi
tekhnik, di mana sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas IV. Hasil
penelitian mengungkapkan bahwa siswa kelas V SDN 107417 Tanjung Morawa
kerap menunjukan sikap kurang wajar (social). Siswa hanya fokus pada
bagaimana konsep dapat dikuasai, tetapi mengabaikan cara apa yang digunakan.
Akan tetapi, karena terlalu banyak konsep yang ada dalam pembelajaran tematik,
sering kali siswa menganggap bahwa tematik adalah pembelajaran yang sulit
untuk dipelajari. Pencapaian akademik siswa rendah (Academic). Kesulitan
membuat pemahaman baru (Metacognition). Siswa sulit menafsirkan apa yang
dirasakan, didengar, dan dilihat (Perception). Siswa kurang perhatian dan kurang
focus dalam belajar(Attention). Sulit untuk mengingat materi
pembelajaran(Memory). sering melakukan aktivitas belajar multisensori dalam
pembelajaran tematik. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhinya yaitu
kurangnya perhatian dalam belajar (konsentrasi), kurangnya partisipasi dan
respons siswa saat pembelajaran (reaksi), lambatnya siswa dalam memahami
materi (pemahaman) dan nilai ulangan yang tidak tuntas (ulangan). Faktor
eksternal yang mempengaruhinya yaitu pengaruh teman di lingkungan masyarakat
(lingkungan sosial masyarakat).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan Belajar Siswa, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60254 |