ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD N 173179 KECAMATAN SIPAHUTAR KABUPATEN TAPANULI UTARA T. A 2023/2024

SIMANGUNSONG, ANISA (2024) ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD N 173179 KECAMATAN SIPAHUTAR KABUPATEN TAPANULI UTARA T. A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193111004_Cover.pdf] Text
1193111004_Cover.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 1193111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 1193111004_Abstrak.pdf] Text
1193111004_Abstrak.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1193111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1193111004_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111004_Daftar_Isi.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1193111004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111004_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193111004_BAB_I.pdf] Text
1193111004_BAB_I.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 1193111004_BAB_V.pdf] Text
1193111004_BAB_V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1193111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SD N 173179 Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara T. A2023/2024 serta faktor penghambat rendahnya keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah partisipan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yaitu 19 siswa kelas II SD N 173179 yang diberikan tes lisan untuk menganalisis keterampilan membaca permulaannya dan 1 orang guru kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik tes lisan, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang sudah didapatkan maka, siswa kelas II SD N 173179 dengan jumlah 19 siswa, terdapat 8 siswa memiliki keterampilan membaca permulaan yang baik dan 11 siswa yang memiliki keterampilan membaca permulaan yang kurang serta memiliki kesulitan membaca permulaan. Faktor penghambat rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD N 173179 terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah kurangnya minat siswa dalam belajar membaca permulaan, siswa beranggapan bahwa membaca kegiatan yang membosankan dan sulit untuk dilakukan. Faktor eksternalnya adalah kurangnya perhatian dan bimbingan orang tua terhadap kegiatan belajar membaca anak di rumah, serta kurangnya pengoptimalan penggunaan perpustakaan di sekolah dan kurangnya kelengkapan buku-buku belajar membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Membaca Permulaan, Siswa SD, Faktor Penghambat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:06
Last Modified: 21 Jul 2025 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60246

Actions (login required)

View Item
View Item