PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI SDN 105288 SEI ROTAN T.A. 2023/2024

RAHMADHANTY, AMELIA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI SDN 105288 SEI ROTAN T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111049_Cover.pdf] Text
1203111049_Cover.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 1203111049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111049_Abstrak.pdf] Text
1203111049_Abstrak.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 1203111049_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111049_Kata_Pengantar.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 1203111049_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111049_Daftar_Isi.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 1203111049_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111049_Daftar_Gambar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 1203111049_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111049_Daftar_Tabel.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1203111049_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111049_Daftar_Lampiran.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1203111049_BAB_I.pdf] Text
1203111049_BAB_I.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 1203111049_BAB_V.pdf] Text
1203111049_BAB_V.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 1203111049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-Modul berbasis Canva pada pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105288 Sei Rotan. Subjek dalam penelitian ini adalah validator materi, validator desain, praktisi pendidikan yaitu guru Bahasa Inggris dan peserta didik kelas VA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, validasi oleh ahli materi memperoleh 92% dengan kategori “Sangat layak”, dan validasi oleh ahli desain memperoleh 94% dengan kategori “Sangat layak”. Hasil uji praktikalitas yaitu angket respon guru memperoleh 92% dengan kategori “Sangat praktis” dan angket respon peserta didik memperoleh 89,25% dengan kategori “Sangat praktis”. Hasil efektivitas media memperoleh nilai 74,7% dengan kategori “Cukup efektif”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Canva layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, E-Modul, Canva, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:06
Last Modified: 21 Jul 2025 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60242

Actions (login required)

View Item
View Item